Kunjungi Batola, Kanwil DJPb Kalsel Berikan Penghargaan Penyaluran Tercepat DAK Fisik

Ist

Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Selatan bersama KPPN Banjarmasin melaksanakan kunjungan ke Pemerintah Kabupaten Barito Kuala dalam rangka Penyerahan Penghargaaan Penyaluran Tercepat DAK Fisik tahun 2021 tingkat Nasional, Senin (11/4/2022).

Penyerahan penghargaan ini diberikan oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Selatan Sulaimansyah yang mewakili Direktur Jenderal Perbendaharaan kepada Bupati Barito Kuala, Noormiliyani.

“Melalui Kep.Dirjen.Perbendaharaan Nomor: KEP-63/PB/2022, Kabupaten Barito Kuala meraih peringkat pertama dalam Penyaluran DAK Fisik Tahun 2021 Kabupaten/Kota tercepat tingkat Nasional. Hal ini merupakan apresiasi atas wujud komitmen pimpinan dan jajaran Kabupaten barito kuala dalam percepatan pembangunan yang dibuktikan dengan percepatan realisasi penyaluran DAK Fisik,” kata Sulaimansyah, Banjarmasin, Selasa (12/4/2022).

Dikatakan Sulaimansyah, hal ini tak luput dari koordinasi dan komunikasi yang baik yang telah dilakukan secara internal yaitu dengan SKPD, APIP dan BPKAD dan secara eksternal, yaitu dengan KPPN dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan.

“Komitmen yang tinggi dari para pejabat/pegawai Pemda dalam merealisasikan penyaluran DAK Fisik yang berdampak langsung bagi pertumbuhan ekonomi sebagai respon atas dampak COVID-19 dan sebagai upaya untuk meningkatkan layanan dan infrastruktur di daerah,” ucap Sulaimansyah.

Menurutnya, kinerja penyaluran DAK Fisik Pemda Kabupaten Barito Kuala pada TA 2021 per 31 Desember 2021 sebesar Rp100,26 miliar atau sebesar 95% dari pagu sebesar Rp105,95 miliar.  Persentase kinerja penyaluran ini lebih besar dari persentasi penyaluran aggregate di Kalimantan Selatan sebesar 92%.

“Hal ini terjadi antara lain karena Pemda telah melakukan optimalisasi DAK Fisik dengan melakukan addendum penambahan nilai kontrak sesuai ketentuan yang berlaku.

Penghargaan ini tidak lepas dari sinergi dan Kerja sama yang sangat baik antara Pemda Barito Kuala dengan Kanwil Ditjen, Perbendaharaan Kalsel dan KPPN Banjarmasin dalam mengawal penyaluran Dak Fisik,” tambahnya.

Diharapkan hal ini menjadi pemicu kepada Pemerintah Kabupaten/Kota lainnya di Kalimantan Selatan untuk bisa melakukan percepatan Penyaluran DAK Fisik tahun 2022 sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat dana tersebut lebih cepat dan pada tahun anggaran berkenaan.

“Semoga sinergi antara Pemda dan Ditjen Perbendaharaan dapat terus terjalin dengan baik, sehingga Pemerintah Kabupaten Batola bisa terus mempertahankan prestasinya,ā€¯tandasnya. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai