Persediaan dan Harga Ikan Laut di Banjarmasin Stabil, Ikan Kembung Paling Diminati

Kepala Pelabuhan Perikanan Banjarmasin, Nurbani Yusuf, Banjarmasin, Jumat (8/4/2022). MC Kalsel/Rns

Ketersediaan ikan laut di Pelabuhan Perikanan Banjarmasin bulan Ramadan ini terjaga dan stabil, dengan masuknya dua sampai tiga buah kapal pemasok per hari.

Kepala Pelabuhan Perikanan Banjarmasin, Nurbani Yusuf, mengatakan selain langsung dipasarkan, ikan laut juga disimpan di cold storage sebagai cadangan.

“Untuk bulan Ramadan kali ini ketersediaan ikan laut di kota Banjarmasin aman dan tidak kekurangan,” kata Nurbani, Banjarmasin, Jumat (8/4/2022).

Harga ikan sediri dikatakan Nurbani masih stabil dalam batas wajar, didominasi ikan tongkol di kisaran harga Rp17 ribu sampai Rp20 ribu, ikan kembung Rp20 ribu sampai Rp22 ribu dan ikan lajang Rp12 ribu sampai Rp15 ribu.

“Tidak ada lonjakan begitu berarti. Permintaan pasar di Ramadan ini mengalami kenaikan sekitar 10 persen. Paling banyak diminati itu ikan kembung, tongkol dan juga udang,” ucap Nurbani.

Sementara itu, saat ini di lautan terjadi gelombang tinggi, namun Nurbani mengatakan hal tersebut tidak terlalu berpengaruh untuk tangkapan karena nelayan berlayar di wilayah perairan jangkauan aman.

“Memang ada kendala sedikit dengan cuaca ekstrem, karena sedikit kesulitan dalam penangkapan, tetapi kami beri infokan kegiatan cuaca kepada mereka setiap saat dengan bekerjasama BMKG dan juga radio amatir sehingga mereka bisa mengantisipasi dini,” tambah Nurbani.

Nurbani mengatakan, kesyahbandaran juga selalu memberikan imbauan dan antisipasi dini sebelum memberikan dokumen keberangkatan berlayar.

“Kita imbau para nelayan untuk selalu menjaga diri keselamatannya pada saat melakukan penangkapan, selalu update cuaca terkini karena saat ini musim tangkap ikan,” kata Nurbani. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai