Museum Wasaka Akan Lakukan Perawatan Koleksi Peninggalan Sejarah

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayan Provinsi Kalimantan Selatan, Raudati Hildayati saat melakukan monitoring ke Museum Wasaka.dok

Dalam menjaga koleksi sejarah perjuangan rakyat Kalimantan Selatan (Kalsel) agar tetap bersih dan terawat, Disdikbud Bidang Kebudayaan Provinsi Kalsel akan melakukan perawatan serta pembersihan koleksi yang ada di Museum Waja Sampai Kaputing (Wasaka).

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kalsel, Raudati Hildayati mengungkapkan pada bulan ramadan ini pihaknya akan melakukan konservasi dan fumigasi koleksi bersejarah yang dimiliki Museum Wasaka.

“Jumlah koleksi kurang lebih ada 260 buah, itu yang ada di museum maupun di dalam gudang,” ucapnya, Banjarmasin, Rabu (6/4/2022).

Untuk kegiatan ini nantinya berasal dari pendanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBN).

Hilda menambahkan pelaksanaan ini direncakan mulai dilakukan pada pertengahan bulan April tahun 2022.

“Rencananya kami akan mulai melakukan perawatan pada pertengahan bulan April ini,” katanya.

Lanjut ia menuturkan, saat ini pandemi mulai melandai sehingga membuat antusias masyarakat mengunjungi museum meningkat. 

“Akan tetapi kami juga tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, salah satu syarat masuk yaitu harus memindai barcode melalui aplikasi peduli lindungi,” tuturnya.

Untuk diketahui jam operasional Museum Wasaka yaitu hari Senin tutup, di hari Selasa – Kamis buka mulai pukul 09.00 hingga 15.00 wita dan pada hari Jumat pukul 09.00 – 11.00 wita dan pada Weekend pukul 09.00 – 12.30 wita. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih