Peringatan Gelombang Tinggi Di Daerah Pesisir Oleh BMKG, BPBD Kalsel Lakukan Monitoring

epala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kalsel, Sahruddin (Kiri).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan menanggapi informasi yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui bmkg.co.id terkait Peringatan Gelombang Tinggi.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, Mujiyat melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Sahruddin menyikapi peringatan tersebut.

“Kesiapsiagaan kita terkait peringatan tersebut tentunya memberikan imbauan kepada masyarakat yang berada di pesisir pantai agar bisa waspada,” ujar Sahruddin, Selasa (5/4/2022).

Bentuk kewaspadaan juga disampaikan dengan tetap memperhatikan keadaan lingkungan, termasuk juga informasi yang dikeluarkan oleh BMKG pada Senin 4 April 2022 terkait Peringatan Gelombang Tinggi.

Ia menjelaskan gelombang tinggi terjadi dipicu akibat angin kencang kemudian juga cuaca yang ekstrem.

Untuk perkembangan cuaca, saat ini masih pada musim hujan dan diprediksi dua atau tiga bulan ke depan akan memasuki musim kemarau.

“BMKG juga masih memprediksi bahwa cuaca di Kalimantan Selatan dari Maret ke April masih berpotensi tinggi termasuk gelombang pasang laut,” lanjutnya. MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai