Dispersip Kalsel Raih Prestasi IPL Tertinggi Se-Indonesia Tahun 2021

Kadispersip Kalsel, Nurliani Dardie (kanan) terima piagam prestasi IPL Tertinggi se-Indonesia.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan kembali mengharumkan nama Banua atas raihan prestasi Indeks Pembangunan Literasi (IPL) tertinggi se-Indonesia tahun 2021 yang diberikan oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Penghargaan diberikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, diterima Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, yang diwakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel Nurliani Dardi, di salah satu hotel berbintang di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (29/03/2022).

Nurliani bersyukur, Provinsi Kalsel kembali berhasil menjadi Provinsi dengan IPL tertinggi se-Indonesia untuk kedua kalinya, bahkan nilai IPL Kalsel tahun 2021 meningkat dari tahun 2020 yakni sebesar 58,13, yang disusul Maluku (35,75) dan Gorontalo (22,53).

“Alhamduliilah kita dapat mempertahankan dan meningkatkan IPL masyarakat tertinggi tahun 2021, yang kita terima di tahun 2022 ini. Tahun 2020 juga dengan indeks 48,70,” kata Nurliani, Rabu (30/3/2022).

Nurliani menuturkan capaian ini merupakan pemantik semangat untuk terus berkarya dalam memajukan literasi.

“Ini semua berkat dukungan semua pihak, terutama Gubernur dan jajaran legislatif, dan yang paling penting semua pegawai dan Tim Dispersip,” tambahnya.

Selama ini, lanjut Nurliani, pihaknya terus bekerja keras melakukan apa yang bisa dan seharusnya, untuk melayani sesuai tupoksi dengan penuh semangat, melakukan berbagai kegiatan dan terobosan.

Keberhasilan Dispersip Kalsel meraih predikat IPL tertinggi se-Indonesia dua kali berturut inipun mendapat apresiasi dari sejumlah kalangan dan pegiat literasi di Banua.

“Keren sekali, selamat dan turut berbangga saya,” ungkap Ketua Ikatan Penerbit Indoesia DKI Jakarta Hikmah Kurnia melalui siaran pers Dispersip Kalsel.

Hal senada juga disampaikan Pustakawan Kabupaten Luwu lham, yang menilai Kalsel memang layak mendapatkannya.

“Memang peran bunda luar biasa dan layak menjadi tokoh masyarakat pengembang budaya baca,” tutur Luwu.

Selain itu, Kepala Dispersip Kabupaten Tanah Bumbu, M Yusri juga menyampaikan apresiasinya kepada Kepala Dispersip Kalsel beserta jajarannya.

“Terkait prestasi dan pencapaian yang telah diraih Dispersip Kalsel, Dispersip Kab.Tanah Bumbu mengucapkan selamat dan sukses pencapaiannya serta akan belajar mengikuti jejak dari Dispersip Kalsel,” pungkasnya. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai