Pemprov Kalsel Raih Peringkat 4 Nasional Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial

Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Selatan, Agus Prabowo (kiri) menerima plakat dan piagam penghargaan yang diserahkan Dirjen Polpum Kemendagri, Bahtiar dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanganan Konflik Sosial Tahun 2022, di Bogor Jawa Barat, Kamis (24/3/2022).

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan meraih peringkat 4 Nasional Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial pada tahun 2021 di bawah Jawa Timur, Aceh dan Lampung.

Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kalimantan Selatan, Agus Prabowo, menerima plakat dan piagam penghargaan yang diserahkan Dirjen Polpum Kemendagri, Bahtiar dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanganan Konflik Sosial Tahun 2022, di Bogor Jawa Barat, Kamis (24/3/2022).

“Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial diketuai langsung oleh Gubernur Kalimantan Selatan, dengan posisi Wakil Ketua dijabat oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Kapolda, Korem 101 Antasari, Kajati Kalimantan Selatan dan Kabinda Kalimantan Selatan serta,” kata Agus.

Sementara itu, Kaban Kesbangpol Kalimantan Selatan menjabat sebagai Sekretaris Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Kalimantan Selatan.

Dirjen Polpum Kemendagr, Bahtiar berharap perhatian dari para kepala daerah dalam penanganan konflik sosial, terutama dalam pengalokasian anggaran yang memadai dalam kegiatan pencegahan dan penyelesaian konflik sosial.

Bahtiar juga mengingatkan adanya potensi konflik dalam menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 di daerah, yang perlu penanganan dan antisipasi dai seluruh stakeholder di daerah.

Adapun provinsi yang masuk 10 besar Periode Tahun 2021 secara urutan adalah :

1. Jawa Timur

2. Aceh

3. Lampung

4. Kalimantan Selatan

5. Bengkulu

6. DI Yogyakarta

7. Jawa Tengah

8. Sumatera Barat

9. Riau

10. DKI Jakarta

MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai