Peringatan Dini Kebencanaan, Pemprov Kalsel Lakukan Mitigasi Bencana

Surat Peringatan Dini dan Langkah Kesiapsiagaan Menghadapi Potensi Ancaman Banjir dan Gerakan Tanah Longsor Bulan Maret Tahun 2022.

Gubernur Kalimantan Selatan melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar mengeluarkan surat terkait Peringatan Dini dan Langkah Kesiapsiagaan Menghadapi Potensi Ancaman Banjir dan Gerakan Tanah Longsor Bulan Maret Tahun 2022.

Surat tersebut dikeluarkan pada tanggal 7 Maret 2022, yang ditujukan kepada seluruh BPBD kabupaten kota se-Kalimantan Selatan.

“Surat tersebut menindaklanjuti surat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Nomor: B-56/BNPB/D II/BP.03.02./03/2022 tanggal 4 Maret 2022, Hal Peringatan Dini dan Langkah-langkah Kesiapsiagaan Menghadapi Potensi Ancaman Banjir dan Gerakan Tanah Longsor Periode Bulan Maret,” sebut Roy, Selasa (8/3/2022).

Selain itu, BPBD Kabupaten/Kota bekerja sama dengan lembaga/instansi terkait dalam rangka penyebarluasan informasi peringatan dini banjir dan gerakan tanah longsor kepada masyarakat khususnya yang bermukim di wilayah dengan risiko tinggi dan mempublikasikan serta melaporkan secara berkala ke BPBD Provinsi Kalimantan Selatan.

Selanjutnya berkoordinasi dengan BMKG untuk selalu mendapatkan informasi ancaman dan melakukan penyebarluasan informasi peringatan dini sampai kepada masyarakat, khususnya yang bermukim di wilayah yang risiko tinggi. Mengaktifkan Posko Siaga Bencana pada BPBD Kabupaten/Kota untuk melaksanakan pemantauan, pengamatan lapangan, pelaporan dan koordinasi penanganan operasional pada saat kejadian bencana. Menyiapkan dan mensosialisasikan tempat evakuasi yang aman dengan
mempertimbangkan protokol kesehatan selama masa pandemi COVID-19.

Apabila terjadi bencana, diminta BPBD Kabupaten/Kota agar pada kesempatan pertama dapat melaporkan setiap kejadian bencana ke Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan.

Untuk mendapatkan informasi peringatan cuaca dan potensi ancaman bencana melalui website :
1) http://web.meteo.bmkg.go.id/id/pengamatan/satelit ;
2) http://web.meteo.bmkg.go.id/id/prakiraan/ikhtisar-indonesia ;
3) https://signature.bmkg.go.id ;
4) http://modis-catalog.lapan.go.id/himawari-8/ ;
5) https://inarisk2.bnpb.go.id/pencegahan/ ;
6) https://signature.bmkg.go.id ; dan
7) https://vsi.esdm.go.id

MC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih