20 Lansia PSTW Budi Sejahtera Martapura telah Menerima Vaksinasi Booster

Kepala PSTW Budi Sejahtera, Surya Fujianorrochim. MC Kalsel/Rns/dok

Sebanyak 20 klien lansia Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Sejahtera Martapura telah mendapatkan vaksinasi booster, sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden RI dan Menteri Kesehatan RI mengenai vaksinasi COVID-19 dosis ketiga yang dimulai pada 12 Januari 2022.

“Untuk yang di Martapura karena sudah 100 persen vaksinasi satu dan dua sehingga sudah bisa diberikan vaksin booster yang mana kali ini kita bekerja sama dengan pihak Polres Banjar,” kata Kepala PSTW Budi Sejahtera, Surya Fujianorrochim, Banjarbaru, Senin (14/2/2022).

Surya menyebutkan, total lansia di PSTW Budi Sejahtera Martapura berjumlah 70 orang, dan dibagi menjadi dua gelombang untuk pelaksanaan vaksinasi dosis satu dan dua. Gelombang kedua dilaksanakan bertepatan dengan program Vaksinasi Bergerak akhir tahun lalu, sehingga belum semua lansia mencukupi rentang waktu enam bulan untuk mendapatkan vaksinasi booster.

Untuk PSTW Budi Sejahtera Landasan Ulin, Surya mengatakan pihaknya masih menunggu jadwal dari Puskesmas Landasan Ulin. Sebelumnya, para klien lansia direncanakan menerima vaksinasi booster bertepatan dengan kedatangan Kapolri, namun dibatalkan karena kondisi yang tidak memungkinkan.

“Lansia yang berada di Landasan Ulin sendiri saat ini kondisi mereka aman tidak ada kendala dan siap untuk diberikan dosis ketiga. Saat ini kami masih menunggu pihak Puskesmas,” kata Surya.

Dengan meningkatnya penyebaran varian Omicron di luar panti, maka PSTW Budi Sejahtera semakin mengetatkan protokol kesehatan. Surya pun mengucapkan terima kasih atas bantuan alat tes swab antigen yang diberikan oleh Dinas Kesehatan Kalsel, sehingga dapat melakukan testing secara cepat.

“Kita selalu imbau apabila petugas yang keluar masuk panti apabila mengalami gejala maka secepatnya melakukan swab antigen ataupun PCR untuk memastikan apabila positif, kita arahkan untuk isolasi mandiri,” tegas Surya. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai