Mudahkan Informasi Wisatawan, Dispar Kalsel Siapkan Aplikasi SIDAPAKSI

Kepala Dispar Kalsel, M Syarifuddin. MC Kalsel/Jml/dok

Dalam waktu dekat, Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan (Kalsel) akan meluncurkan aplikasi Sistem Data Pariwisata Kalimantan Selatan (SIDAPAKSI) guna memudahkan wisatawan mencari informasi terkait sektor pariwisata di Banua.

Kepala Dinas Pariwisata Kalsel, M Syarifuddin mengatakan saat ini pihaknya masih dalam mengumpulkan data dari 13 Kabupaten/Kota di Kalsel.

“Jadi sekarang ini masih pengumpulan data dan pembenahan lainnya, jika semuanya sudah lengkap baru akan kami luncurkan,” kata Syarifuddin, Banjarmasin, Kamis (3/2/2022).

Syarifuddin menyebutkan, salah satu data yang masih dalam tahap pengumpulan yakni terkait lokasi objek wisata, karena terkendala dengan tidak adanya jaringan internet di objek wisata tersebut.

“Kadang-kadang ada beberapa titik lokasi yang tidak bisa terjangkau internet, sehingga kami perlu alat bantu lain agar bisa menunjukkan titik lokasi yang tidak terjangkau internet ini,” tutur Syarifuddin.

Oleh karena itu, Syarifuddin mengatakan perlu persiapan matang sebelum aplikasi pariwisata tersebut diluncurkan.

“Kita pelan-pelan benahi dulu sebelum diluncurkan. Apalagi SIDAPAKSI ini manfaatnya sangat baik bukan hanya bagi pelaku pariwisata tapi juga instansi pemerintah yang lain seperti PUPR, Dishut, Kominfo, Dishub, dan lainnya,” kata Syarifuddin. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai