DKP Kalsel Realisasikan Hampir Seluruh Program Budidaya Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Tahun 2021

Kepala Bidang Budidaya Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan DKP Kalsel, Wahdah, Banjarbaru, Selasa (18/1/2022).

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui
Bidang Budidaya Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan berhasil merealisasikan produksi perikanan budidaya sebesar 84,59 persen di tahun 2021.

“Untuk tahun 2021 kemarin capaian kinerja untuk bidang kami berupa capaian untuk indikator kinerja utama persentase peningkatan produksi perikanan budidaya tercapai 84,59 persen dari target produksi budidaya pada tahun 2021 sebesar 155.000.000 ton, dan angka perkiraan sementara produksi budidaya sebesar 131.116.248 ton,” kata Kepala Bidang Budidaya Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan DKP Kalsel, Wahdah, Banjarbaru, Selasa (18/1/2022).

Kemudian, Wahdah menyebutkan persentase cakupan wilayah budidaya ikan di laut yang dapat dibina telah tercapai 100 persen, dengan melaksanakan sosialisasi cara budidaya ikan yang baik dan cara pembenihan ikan yang baik di Kotabaru.

“Capaian untuk indikator persentase pelaku usaha perikanan budidaya lintas kabupaten/kota yang memiliki izin usaha di bidang pembudidayaan ikan tidak terealisasi, karena adanya Permendagri Nomor 90 untuk izin usaha di bidang pembudidayaan ikan tidak termasuk dalam wewenang provinsi, dan untuk kegiatan sosisalisasi yang mendukung dalam pengajuan izin usaha termasuk dalam refocusing anggaran,” ucap Wahdah.

Sementara itu, untuk persentase pelaku usaha pemasaran dan pengolahan lintas kabupaten/kota yang mengajukan rekomendasi penerbitan izin usaha jauh melampaui target dengan capaian 771,43 persen, atau terealisasi 54 dari target 7 rekomendasi.

“Juga untuk persentase jenis produk pengolahan dan pemasaran skala menengah dan besar yang Memiliki standar teknis yang ditentukan telah terealisasi 100 persen, antara lain kegiatan bimbingan GMP yang diikuti oleh 30 peserta dari kabupaten/kota dilaksanakan pada tanggal 18 sampai 19 Maret 2021,” tambah Wahdah.

Selain itu, DKP Kalsel juga telah merealisasikan program Safari Gemarikan yang dilaksanakan di Desa Panjaratan Kabupaten Tanah Laut, Peringatan HARKANAS dan bazar dalam rangka peringatan HBKN yang dilaksanakan di Kelurahan Kuin Utara Banjarmasin dan Sungai Tuan Ulu Kabupaten Banjar.

“Untuk kegiatan Bazar Ramadan dilaksanakan di halaman Dinas Perdagangan Provinsi Kalimantan Selatan dan di halaman Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan, kami juga melaksanakan kegiatan lomba masak ikan tingkat provinsi,” ucap Wahdah. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai