Pemprov Kalsel Lanjutkan Pembangunan Jalan Makam Datu Kalampayan

Pembangunan jalan baru menuju Makam Datu Kalampayan Kabupaten Banjar. MC Kalsel

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel pada tahun 2022 melanjutkan pembangunan jalan baru menuju Makam Datu Kalampayan Kabupaten Banjar dengan anggaran Rp25 miliar.

“Dinas PUPR Kalsel akan melanjutkan pengerjaan jalan Datu Kalampayan sepanjang 1,5 km,” kata Plt Kadis PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar melalui Kepala Bidang Bina Marga, M. Yasin Toyib di Banjarbaru, Kamis (13/1/2022).

Yasin mengatakan dalam pengerjaan jalan 1,5 km pertama, dilakukan pengerukan tanah sekitar 2 sampai 3 meter dan sekaligus pengaspalan jalan serta perlu dibangun sebuah jembatan di ruas jalan tersebut.

Oleh karena itu, pembangunan jembatan kecil tersebut harus segera di bangun. Karena aliran sungai semakin lebar akibat kawasan tersebut terdampak banjir pada 2021.

“Nanti kita akan proyeksikan pada tahun 2023 dan fokus pengerjaan infrastruktur, karena selama 2020-2021 anggaran kita direfocusing untuk penanganan COVID-19 dan penanganan bencana alam,” terangnya.

Menurutnya, jalan menuju Makam Datu Kalampayan direncanakan sepanjang 6 km dengan lebar 20 meter. Nantinya melintasi dua kecamatan di Kabupaten Banjar yaitu, Desa Sungai Kitano, Akar Baru, Akar Bagantung, Munggu Raya, Dalam Pagar Ulu dan Kelampayan Tengah di Kecamatan Astambul dan Martapura Timur.

“Kami telah mengerjakan jalan tersebut dari tahun 2019 dan menghabiskan anggaran sebesar Rp19 miliar, Tahun 2020 dengan anggaran Rp15 miliar dan 2021sebesar Rp10 miliar,” ungkapnya.

Selain itu, pembangunan jalan menuju Makam Datu Kalampayan ditargetkan selesai pada tahun 2024 dengan pagu anggaran kurang lebih Rp150 miliar.

“Pembangunan jalan tersebut kita cicil setiap tahunnya dan ditargetkan tahun 2024 selesai,” ujarnya.

Ia berharap, dengan adanya jalan akses menuju makam, dapat memudahkan para peziarah yang tiap tahun selalu memadati komplek pemakaman Datu Kalampayan dan mengurangi kemacetan ketika haul Guru Sekumpul.

Untuk diketahui total penanganan jalan yang telah terselesaikan dari tahun 2019 sampai dengan 2021 untuk pengaspalan 1,3 km dan untuk penimbunan tanah 1,85 Km. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai