Tingkatkan Minat Baca, Dispersip Kalsel Hadirkan Ria Enes dan Susan

Suasana Palnam Ceria Dongeng bersama Ria Enes dan Susan, di Banjarmasin, Selasa (7/12/2021). MC Kalsel/Jml

Didorong keinginan menyajikan dongeng berkualitas bagi anak-anak usia dini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) mendatangkan pendongeng nasional, Ria Enes setelah tertunda hampir dua tahun karena pandemi COVID-19.

Kehadiran Ria Enes bersama teman bonekanya Susan di Kids Library Perpustakaan Palnam mendapat antusias yang tinggi dari anak-anak PAUD dan juga orang tua yang mendampingi.

Mengusung tema Palnam Ceria Dongeng bersama Ria Enes dan Susan, Sekretaris Dispersip Kalsel, M Ramadhan, mengatakan selain untuk meningkatkan minat baca dan mengenalkan literasi kepada anak usia dini, pihaknya juga ingin mengobati rindu anak-anak yang belum sempat mengikuti kegiatan serupa secara virtual sebelumnya.

“Kegiatan hari ini merupakan janji dari Ibu Kadispersip Kalsel, Nurliani Dardie kepada anak-anak yang kemarin tidak sempat bertemu karena hanya melalui virtual saja,” kata Ramadhan, Banjarmasin, Selasa (7/12/2021).

Ramadhan mengatakan, kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan sebagai agenda strategis Dispersip Kalsel dalam meningkatkan minat baca dan menanamkan budaya literasi kepada anak-anak usia dini.

“Insya Allah di tahun depan kami akan hadirkan lagi kegiatan seperti ini. Karena untuk meningkatkan kesadaran minat baca itu harus dimulai dari anak usia dini,” kata Ramadhan.

Pada kesempatan tersebut, Ria Enes, mengatakan dongeng bisa menjadi media bagi orang tua dan guru untuk bisa menanamkan nilai-nilai moral, sehingga menjadi inspirasi dan motivasi bagi anak-anak dalam berkegiatan sehari-hari, sekaligus mengenal akar budaya sebagai bangsa Indonesia.

“Melalui dongeng juga kita bisa menanamkan rasa mencintai bangsa, sehingga anak-anak itu punya rasa nasionalisme, kemudian juga gemar membaca, itulah yang kita harapkan,” kata Ria Enes. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai