Hadirkan Ria Enes, Dispersip Kalsel Konsisten Promosikan Minat Baca

Kepala Dispersip Kalsel, Ria Enes (kanan), Banjarmasin, Selasa (7/12/2021). MC Kalsel/Jml

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) konsisten mempromosikan minat baca dan perpustakaan dengan menggandeng pesohor atau pendongeng nasional, terbaru yakni Ria Enes.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie, mengatakan keinginan untuk mendatangkan Ria Enes ke Banua sudah ada sejak tahun lalu, namun harus tertunda karena pandemi COVID-19.

“Meskipun terhalang pandemi pada tahun lalu, kami tetap menghadirkan Kak Ria Enes ini untuk mengobati rindu masyarakat Banua walaupun hanya lewat dalam jaringan (daring). Dan Alhamdulillah tahun ini kita bisa mendatangkan langsung kak Ria Enes ke Kalimantan Selatan untuk berbagi ilmunya,” kata Nurliani, Banjarmasin, Selasa (7/12/2021).

Setelah menghibur anak-anak dengan dongeng, Nurliani mengatakan Ria Enes juga berbagi tips kepada orang tua dan perwakilan organisasi Kalsel, yakni Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan, Bhayangkari Polda, Persit Resor Militer 101/Antasari, Gabungan Istri Wakil Rakyat, Jalasenastri, Ikatan Guru TK Indonesia, serta Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia.

Nurliani pun berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan minat baca dan menanamkan budaya literasi kepada generasi muda di Kalsel melalui gebrakan inovasi Dispersip Kalsel.

“Seperti biasa Dispersip Kalsel tidak pernah kering akan inovasi, tunggu saja gebrakan kami selanjutnya di tahun 2022,” kata Nurliani.

Sementara itu, Ria Enes mengatakan dengan membaca, ibu-ibu yang memiliki kesibukan diluar keluarga harus tetap menimba ilmu literasi, agar selalu aktual, baik di keluarga maupun di masyarakat.

“Pandemi ini membuat kita harus banyak berada di rumah, ibu-ibu mau nggak mau harus bisa menjadi lem (perekat) di keluarganya, sehingga mereka bisa menghidupkan suasana kekeluargaan di tengah kesibukan yang ada,” tukas Ria Enes. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai