Pemprov Kalsel Bantu Warga Terdampak Kebakaran di Kelayan

Anggota Tagana Kalsel (kiri) saat menyerahkan bantuan warga terdampak kebarakan di Kelurahan Kelayan luar, Kecamatan Banjarmasin Tengah, yang terjadi Minggu (21/11) siang. MC Kalsel/Rns

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Sosial bergerak cepat memberikan bantuan tanggap darurat untuk warga terdampak kebakaran, di kawasan padat penduduk Kelurahan Kelayan Luar, Kecamatan Banjarmasin Tengah, yang terjadi Minggu (21/11) siang.

“Setelah kita data, langsung kita berikan bantuan berupa tenda gulung, matras, perlengkapan dapur, paket sandang, makanan siap saji, foodware, kasur, serta selimut untuk para korban kebakaran ini,” kata Kepala Seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Dinsos Kalsel, Achmadi, Minggu (21/11/2021).

Achmadi menyebutkan, akses jalan yang begitu sempit dan kesulitan mendapatkan air menjadi kendala bagi tim pemadam untuk memadamkan kebakaran dengan cepat.

“Menurut kawan-kawan di lapangan, api menyebar begitu cepat dikarenakan mayoritas bangunan berbahan kayu dan juga padat penduduk,” ucap Achmadi.

Berdasarkan data Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kalsel, sebanyak 14 KK yang terdiri dari 65 jiwa harus kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran tersebut.

Achmadi pun mengatakan pihaknya belum mengetahui pasti penyebab kebakaran. Namun demikian, Ia mengimbau masyarakat untuk bijak menggunakan peralatan listrik, yang bisa menjadi pemicu kebakaran.

“Saat ini penyebab kebakaran masih dalam tahap penyelidikan pihak berwajib, akan tetapi warga sekitar mencurigai adalah korsleting listrik,” ucap Achmadi. MC Kalsel/Rns

Mungkin Anda Menyukai