Cegah Karhutla, Disbunnak Kalsel Tinjau CPCL Pembukaan Lahan Tanpa Bakar

Dokumentasi peninjauan CPCL Pembukaan Lahan Tanpa Bakar/ Disbunnak Kalsel

Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kalimantan Selatan (Kalsel) didampingi tim Direktorat Perlindungan Perkebunan meninjau Calon Petani Calon Lahan (CPCL) pada Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) tahun 2022 di Kabupaten Tapin.

Kepala Disbunnak Kalsel, Suparmi, mengatakan kegiatan tersebut merupakan sinergi antara Pemerintah Provinsi Kalsel dan pemerintah pusat dalam menyalurkan bantuan kepada petani kelapa sawit, agar bisa membuka lahan tanpa harus membakar.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk identifikasi calon petani dan juga calon lahan guna memastikan legalitas lahan dan titik koordinat lahan tersebut sesuai dengan persyaratan penerima bantuan,” kata Suparmi, Banjarbaru, Rabu (17/11/2021).

Selain itu, lanjut Suparmi, pihaknya juga sekaligus memastikan kesesuaian kondisi fisik lahan calon lokasi PLTB terkait dengan rencana bantuan tanaman yang akan diberikan pada kelompok tani “Giat Membangun” di Desa Maharan Tiau, Kabupaten Tapin.

“Dengan cara PLTB ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi mengatasi kebakaran hutan dan lahan,” kata Suparmi. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai