Dikunjungi Empat Instansi, Depo Arsip Dispersip Kalsel Menjadi Contoh Pengelolaan Kearsipan

Kadispersip Kalsel, Nurliani Dardie (tengah) menerima kunjugan beberapa instansi ke depo arsip.

Depo Arsip Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel baru-baru ini mendapatkan kunjungan dari empat instansi Bank Kalsel, Balai Diklat Industri Kayu dan Logam Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Tanah Bumbu dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu.

Kunjungan tersebut diawali oleh Bank Kalsel yang diterima langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel, Nurliani Dardie bersama staf.

Pada kesempatan ini, Nurliani memberikan apresiasi terkait pengelolaan kearsipan secara umum kepada Rizki Yulia dan A Rifani, staf bagian Divisi Umum Bank Kalsel.

“Pada kunjungan ini kami mengajak perwakilan Bank Kalsel untuk berkeliling ke ruang-ruang penyimpanan arsip di depo arsip Kalsel, serta melihat secara langsung bagaimana tata kelola arsip disini,” kata Nurliani melalui siaran persnya, Banjarmasin Rabu (10/11/2021).

Perlu diketahui, kunjungan dari perwakilan Bank Kalsel ini merupakan lanjutan dari kunjungan sebelumnya pada Jum’at (5/11/2021) lalu di Perpustakaan Palnam Banjarmasin.

“Kesan kami setelah melihat dan langsung berkunjung merasa terkesan dan paham arti penting sebuah depo arsip, rasanya tata laksana yang tertata rapi,” ujar Rizki Yulia.

Dia menuturkan kunjungan kali ini dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan dalam hal pengelolaan kearsipan di Bank Kalsel.

“Perpustakaan maupun kearsipan memang layak menjadi acuan dan bahan studi banding,” jelasnya.

Lebih jauh, Rizki mengungkapkan hasil kunjungan akan disampaikan ke pimpinan Bank Kalsel. Pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan Dispersip Kalsel untuk menjembatani kepada Arsip Nasional Republik Indonesia terkait pembangunan depo arsip Bank Kalsel.

“Saat ini masih dalam tahap studi banding dan banyak persiapan lain-lainnya, terkait juga masalah anggaran depo arsip Bank Kalsel,” tuturnya.

Hampir bersamaan juga ada kunjungan Balai Diklat Industri Kayu Dan Logam, Dinas Perindustrian Provinsi Kalsel di Amuntai.

Kunjungan ini dalam rangka konsultasi mengenai tata naskah dinas dan tata kearsipan pola klasifikasi penomoran surat/naskah dinas, sehubungan dengan pemenuhan audit pengawasan kearsipan internal di instansi mereka oleh bidang pembinaan dan pelayanan kearsipan Dispersip Kalsel.

Sementara kunjungan dari BPKAD dan BPBD Tanah Bumbu, rombongan di antaranya Sekretaris BPKAD Tanbu Ali Wardana dan Kasubag Umpeg BPBD Tanbu Ari Astuti beserta beberapa staf lainnya. Rombongan ini diterima dan diberi arahan oleh Kepala Seksi Pelayanan Kearsipan konsultasi masalah penyusutan arsip.

Sekretaris BPKAD Tanbu, Ali Wardana mengakui, pengelolaan kearsipan yang sangat tertata dengan baik dan rapi, dengan harapan semoga apa yang didapat di depo arsip dapat diaplikasikan di BPKAD Tanah Bumbu. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai