Manfaatkan TIK, BTIKP Kalsel Sukses gelar Lomba MVP Jenjang SMK Tahun 2021

Kepala Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan, Eksan Muktar (Kanan) saat memberikan penghargaan kepada pemenang Perlombaan MVP tingkat provinsi jenjang SMK tahun 2021. MC Kalsel/usu.

Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Provinsi Kalimantan Selatan sukses melaksanakan perlombaan Media Video Pembelajaran (MVP) tingkat Provinsi jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun 2021.

Perlombaan ini diikuti 50 peserta yang berasal dari seluruh tenaga pendidik perwakilan dari 13 Kabupate/Kota se-Kalsel.

Kepala BTIKP Kalimantan Selatan, Eksan Muktar mengatakan dengan kegiatan ini, diharapkan bisa membuat tenaga pendidik menjadi akrab dengan TIK.

“Sehingga bisa mengubah pola pembelajaran di sekolah menggunakan media teknologi,” ucapnya, Banjarmasin, Rabu (3/11/2021).

Ia menjelaskan dari 50 peserta telah diseleksi menjadi 10 nominasi, kemudian akan diambil kembali 6 peserta yang akan mendapatkan piala dan uang pembinaan.

“Tetapi menurut kami, seluruh peserta yang ikut dalam lomba MVP ini ialah pemenang, karena mereka semua mau mengubah pola mengajar sekolah dengan menggunakan TIK,” jelansya.

Eksan berharap dengan perlombaan ini bisa memberikan semangat dan motivasi lebih kepada tenaga pendidik yang ada di daerah, sehingga bisa ikut berpartisipasi pada tahun depan.

“Untuk tahun depan, kami berencana akan menambah jumlah peserta yang akan digelar secara masif di daerah,” ungkapnya.

Bagi para pemenang juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3 mendapatkan piala dan uang pembinaan dengan rincian, juara 1 Rp6 juta, juara 2 Rp5 juta, juara 3 Rp4 juta, harapan 1 Rp3 juta, harapan 2 Rp2.5 juta dan harapan 3 Rp2 juta.

“Dan pada tahun ini yang mendapatkan juara 1 Pradewi Nurmawati dari SMK Negeri 1 Binuang, juara 2 Muhammad Lutfi dari SMKS Muda Kreatif Barabai, juara 3 Vivin Dwi Agustin dari SMK Negeri 1 Paringin, harapan 1 Rama Regawa dari SMK Negeri 1 Gambut, harapan 2 Rahmi Eryanti dari SMK Negeri 4 Banjarmasin dan harapan 3 Nina Dismita dari SMK Negeri 1 Sungai Loban,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut salah satu juri Ahmad Ridho Ramadhan, penilaian yang mereka ambil ada 3 antara lain visual, audio dan packaging.

“Dan di tahun 2021, hasil MVP para peserta lumayan berkembang dari pada tahun sebelumnya seperti hasil pengeditan maupun cara berututur dan bercerita dalam video pembelajaran yang mereka buat,” tuturnya.

Sementara itu, pemenang Juara Lomba MVP jenjang SMK tahun 2021, Pradewi Nurmawati dari SMK Negerk 1 Binuang mengatakan dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat memotivasi para tenaga pendidik yang ada di Kalsel agar lebih bisa berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran di sekolah.

“Selain ilmu yang didapat pada perlombaan ini, kami juga saling mengenal dengan peserta dari seluruh Kabupaten/Kota,” pungkasnya. MC Kalsel/usu.

Mungkin Anda Menyukai