Nanang Kabupaten Banjar dan Galuh Kota Banjarmasin Terpilih Menjadi Nanang Galuh Kalimantan Selatan Tahun 2021

Foto bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Prov. Kalsel, M. Yusuf Effensi beserta Juri dan seluruh finalis Nanang Galuh Kalimantan Selatan Tahun 2021, Banjarmasin, Sabtu (30/10/2021). MC Kalsel/usu.

Finalis Nanang asal Kabupaten Banjar, Muhammad Azimi, dan Galuh asal Kota Banjarmasin, Sephia Nur A. dinobatkan menjadi Nanang Galuh Kalimantan Selatan Tahun 2021.

Pemilihan Nanang Galuh Kalimantan Selatan tahun 2021 dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan selama 3 hari mulai dari karantina pada tanggal 28 Oktober hingga malam grand final 31 Oktober yang diadakan di salah satu hotel kota Banjarmasin yang diikuti 11 Kabupaten/Kota se-Kalsel dengan 36 Finalis.

Untuk para juri pada pemilihan kali ini di antaranya Nurul Fajar Desira selaku Ketua Tim, Irwan Afiadin, Rachmad, Fazlur Rahman, Marina Dwi Mayangsari, Putra Rakhmadani, dan Bonissa Dzul Faqaria.

Asisten II Perekenomiian dan Pembangunan Setda Prov. Kalsel, Syaiful Azhari mengatakan walaupun masih dalam pandemi COVID-19 kegiatan ini bisa kembali digelar.

“Kegiatan merupakan salah satu ajang yang berpotensi, khususnya dalam mengembangkan prestasi kebudayaan di banua kita,” ungkapnya, Banjarmasin, Sabtu (30/10/2021).

Senada dengan Asisten II, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan mengungkapkan dengan terpilihnya finalis Nanang dan Galuh Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2021 dapat mengembangkan serta mengawal kebudayaan daerah ke tingkat Nasional.

“Dengan mensosialisasikan ragam budaya yang dimiliki oleh Kalsel, hal ini bisa mempromosikan pada event Nasional maupun Internasional,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan, D. Sunjaya Adhiarso sangat bersyukur kegiatan pemilihan Nanang Galuh Kalimantan Selatan bisa dilaksanakan dengan lancar.

“Nantinya untuk Muhammad Azimi dan Sephia Nur A sebagai Nanang Galuh Kalimantan Tahun 2021 yang terpilih akan dikirim ke ajang Putra Putri Kebudayaan Indonesia tahun 2022,” jelasnya.

Sunjaya mengatakan bagi para finalis Nanang Galuh yang menjadi pemenang juga mendapatkan uang pembinaan dengan rincian, Juara 1 Rp 8 Juta, Juara 2 Rp 6 Juta, Juara 3 Rp 5 Juta, Juara 4 Rp 3 Juta, Juara 5 Rp 2 Juta, Juara 6 Rp 1 Juta dan Juara Favorit Rp 1 Juta.

Para pemenang Pemilihan Nanang Galuh Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan sebagai berikut, Nanang Galuh Kalsel tahun 2021 Muhammad Azimi dan Sephia Nur A, Wakil 1 Nanang Galuh Kalsel Azhar Sas. dan Syakira, Wakil 2 Nanang Galuh Kalsel Mirwan Rafiq dan Indah Maria, Wakil 3 Nanang Galuh Kebudayaan Kalsel Abdul Aziz dan Erica Verininta, Wakil 4 Nanang Galuh Kalsel Alven Nuria dan Saidah Ulfah, Wakil 5 Nanang Galuh Kalsel Nawaz Syarif dan Halimatus Sa’diah, Nanang Galuh Favorit Gusti Hafiz dan Salsabila, Nanang Galuh Persahabatan Kalsel M. Aditya H. dan Kusmayanti dan Nanang Galuh Berbakat Kalsel, M. Halwani dan Normadiani. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai