Suka Travel Mart Tarik Minat Travel Agent seluruh Indonesia

Event South Kalimantan Travel Mart (SuKa Travel Mart) yang diinisiasi oleh Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan bersama stakeholder mendapatkan respon positif dari buyer (travel agent) di seluruh Indonesia.

Ketua Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Kalimantan Selatan, Mutia Amana Nastiti sebagai salah satu stakeholder mengatakan antusias tinggi terlihat dari jumlah buyer yang melebihi kuota.

“Alhamdulillah antusias teman-teman travel agent dari luar daerah ini sangat luar biasa. Jadi ada masuk sampai 70 buyer, itupun kalau tidak kita tutup pendaftarannya di website akan terus bertambah. Dari 70 itu kita pilah lagi agar merata penyebaran buyernya dari seluruh Indonesia, dan akhirnya terpilihlah 35 buyer untuk mengikuti event ini,” kata Mutia, Banjarmasin, Rabu (20/10/2021).

Mutia menjelaskan, event Suka Travel Mart merupakan ajang promosi pariwisata, dan seluruh buyer yang diundang akan difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Kalsel dan juga stakeholder terkait.

“Inikan ajang promosi jadi semuanya free, untuk memastikan mereka datang kita adakan comitment fee sebesar Rp500.000,00. Jika mereka datang uang tersebut akan kita kembalikan seratus persen,” tutur Mutia.

Ditambahkan Mutia, Suka Travel Mart bertujuan untuk mengenalkan potensi pariwisata Kalsel agar bisa diakui sebagai destinasi wisata nasional dan bersaing dengan wisata Bali serta Yogyakarta.

“Kalimantan Selatan inikan masih belum menjadi tujuan destinasi wisata nasional seperti Bali atau Yogyakarta. Dengan adanya pengenalan melalui event ini diharapkan para buyer yang kita undang bisa ikut menceritakan dan mempromosikan potensi pariwisata di Kalimantan Selatan saat kembali ke daerah mereka nanti,” kata Mutia.

Pada event tersebut, Dinas Pariwisata Kalsel bersama stakeholder akan menggandeng para pelaku usaha pariwisata dari 13 Kabupaten/Kota di Kalsel untuk menawarkan paket pariwisata kepada buyer pada sesi business matching nanti.

“Jadi kita akan mengajak pelaku pariwisata bukan dari dinasnya untuk mempromosikan paket pariwisata unggulan mereka. Kita akan sediakan meja atau stand secara gratis kepada mereka untuk mempromosikan produk atau paket wisata andalannya pada sesi business matching nanti,” pungkas Mutia. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai