Lestarikan Permainan Tradisional, Disdikbud Kalsel Akan Gelar Lomba Permainan Tradisional

Lomba “Hadang” yang diadakan oleh Disdikbud Kalsel pada tahun 2020.

Dalam rangka menyemarakkan pekan kebudayaan Nasional tahun 2021, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Kalsel akan laksanakan perlombaan permainan tradisional.

Kegiatan ini merupakan pelestarian kebudayaan daerah Kalsel terkhusus bidang permainan tradisional karena ini termasuk sepuluh objek pemajuan kebudayaan.

Kepala Seksi Kesenian Bidang Kebudayaan Disdikbud Kalsel, D. Sunjaya Adhiarso mengungkapkan di tahun ini yang mengikuti perlombaan terdiri dari perwakilan SMA/SMK di 13 Kabupaten/Kota.

“Jadi perlombaan ini dikhususkan untuk seluruh pelajar SMA dan SMK di 13 Kabupaten/Kota yang ada di Kalsel,” ucapnya, Banjarmasin, Rabu (6/10/2021).

Ada lima jenis permainan yang nantinya akan dilombakan, tiga permainan tradisional dan dua permainan asli Kalsel. Di antaranya hadang, terompah panjang, enggrang, bagasing dan balogo.

“Untuk permainan balogo dan bagasing merupakan dua permainan yang asli dari Kalsel dan sudah ditetapkan menjadi Warisan Takbenda Indonesia (WBTb) oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi,” tuturnya.

Ia menegaskan, kegiatan kali ini menggunakan Anggaran Belanja Tahunan (ABT) Disdikbud Kalsel Tahun 2021.

“Nantinya perlombaan ini diadakan mulai tanggal 13 hingga 15 Oktober di salah satu hotel di Banjarmasin dan pelaksanaannya di luar ruangan,” tukasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai