Pentingnya Pokjanal Posyandu Dalam Pencegahan Stunting di Masyarakat

Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel menggelar Workshop Pembinaan Pokjanal Posyandu (Lokus Stunting) Tahun 2021 Kabupaten Hulu Sungai Utara yang dilaksanakan mulai tanggal 6 sampai dengan 9 September 2021. MC Kalsel

Salah satu isu nasional yang kini cukup mengkhawatirkan di kalangan masyarakat khususnya di dunia kesehatan adalah mengenai stunting. Maka dari itu, pentingnya Pokjanal osyandu dalam pencegahan stunting.

Dalam hal ini Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel terus berupaya melakukan pencegahan stunting dengan menggelar Workshop Pembinaan Pokjanal Posyandu (Lokus Stunting)
Tahun 2021 Kabupaten Hulu Sungai Utara yang dilaksanakan mulai tanggal 6 sampai dengan 9 September 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Muhammad Muslim melalui Kepala Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat, Abdul Basit mengatakan, sejalan dengan perkembangan paradigma pembangunan, telah ditetapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024 bidang kesehatan yang dititik beratkan pada pendekatan preventif dan promotif serta pemberdayaan keluarga dan masyarakat dalam bidang kesehatan.

“Jadi upaya pengembangan kualitas sumber daya manusia dengan mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak dapat dilaksanakan secara merata, apabila sistem pelayanan kesehatan yang bersumber daya masyarakat seperti Posyandu dapat dilakukan secara efektif dan dapat menjangkau semua sasaran yang membutuhkan layanan kesehatan anak, ibu hamil dan ibu menyusui,” kata Basit, Kamis (9/9/2021).

Untuk itu, dalam memantapkan upaya revitalisasi posyandu memerlukan peran pemerintah daerah dan lintas sektor sampai di tingkat desa dan kelurahan. Sesuai dengan Peraturan pemerintah Nomor 43 tahun 2014 dijelaskan bahwa Posyandu merupakan salah satu jenis lembaga kemasyarakatan yang dibentuk atas prakarsa pemerintah desa/kelurahan dan masyarakat.

“Tugas dari lembaga kemasyarakatan adalah melakukan pemberdayaan masyarakat, ikut serta dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan, dan meningkatkan pelayanan masyarakat,” ujarnya.

Oleh karena itu, keberadaan posyandu sangat diperlukan dalam mendekatkan upaya promotif dan preventif kepada masyarakat, utamanya terkait dengan upaya peningkatan status gizi masyarakat serta upaya kesehatan ibu dan anak.

“Peran dan dukungan pemerintah kepada posyandu melalui puskesmas sangat penting untuk memfasilitasi pelaksanaan berbagai kegiatan kesehatan di posyandu,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai