BKKBN Kalsel Dukung Penuh Vaksinasi COVID-19 Bagi Ibu Hamil

Kepala BKKBN Kalsel, Ramlan pada saat menghadiri peluncuran Vaksinasi COVID-19 bagi Ibu Hamil di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Rabu (8/9/2021). MC Kalsel/tgh

Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalsel, mendukung penuh pelaksanaan program Vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil yang digagas oleh Pemerintah Pusat.

Hal ini disampaikan Kepala BKKBN Kalsel, Ramlan pada saat menghadiri peluncuran vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Rabu (8/9/2021).

Ramlan mengatakan sesuai amanat Presiden, BKKBN mendukung pelaksanaan percepatan vaksinasi bagi keluarga, termasuk ibu hamil, tentunya tidak bisa bekerja sendiri dan membutuhkan bantuan serta dukungan dari semua pihak.

“Jadi kami mendukungan vaksinasi bagi ibu hamil. Perlu juga keterlibatan pihak lain agar vaksinasi ini sukses,” kata Ramlan.

Vaksinasi digelar untuk menurunkan angka kematian ibu meninggal karena hamil dan terpapar COVID-19 yang terus meningkat, sehingga perlu adanya vaksinasi bagi ibu hamil.

“Kami imbau agar para ibu hamil di Kalsel jangan takut untuk melakukan vaksinasi. Karena vaksinasi aman,” ungkapnya.

Ia berharap para ibu hamil dapat melakukan vaksinasi. Karena kalau sudah melakukan vaksin tentunya anak tidak terjadi masalah ketika lahir nantinya.

“Artinya tidak ada gangguan saat kehamilan walau vaksinasi. Justru divaksin ini bagus buat ketahanan ibu hamil,” pungkasnya.

Adapun syarat bagi bagi ibu hamil yang ingin vaksin yaitu usia kehamilan di atas 3 bulan, tekanan darah di bawah 140/90 mmHg, serta tidak ada tanda maupun keluhan terkait preeklamsia berat seperti nyeri kepala, nyeri rematik, gangguan pandangan, kaki bengkak, atau hipertensi.

Untuk diketahui peserta vaksinasi ibu hamil ini sebanyak 50 orang tersebar di Kota Banjarbaru, Banjarmasin, dan Kabupaten Banjar. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai