Cafe Disbunnak, Pusat Promosi Hasil Olahan Pekebun dan Peternak

Cafe Disbunnak. MC Kalsel/scw

Dinas Perkebunan dan Pertenakan (Disbunnak) Kalimantan Selatan (Kalsel) menghadirkan pusat promosi hasil olahan pekebun dan peternak yang dikemas menjadi sebuah cafe.

“Ini pusat promosi Bunnak, adalah upaya kami mendukung semua petani yang memang melakukan pengolahan usaha perkebunan mulai dari kopi, gula aren, kelapa sawit, minyak sariwangi, dan untuk uji coba rasa silakan langsung bisa dinikmati, tidak hanya dipajang saja,” ujar Suparmi, Banjarbaru, Rabu (24/8/2021).

Selain itu, hasil olahan peternakan seperti daging sapi, ayam, telur, dan susu murni juga tersedia di cafe yang mulai buka pukul 9 pagi hingga 4 sore itu.

“Ini tidak hanya untuk perkebunan, juga ada tersedia untuk peternakan, seperti susu segar yang diproduksi Tanah Laut. Jadi kalau mau susu segar bisa datang ke cafe Bunnak,” kata Suparmi.

Cafe tersebut, lanjut Suparmi, telah mendapat apresiasi dari Direktorat Jenderal Perkebunan, karena tidak semua Dinas Perkebunan Provinsi memiliki layanan serupa.

“Karena kami setiap bulan ada pertemuan bersama pelaku usaha dan juga ini langkah kami untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19, dengan berusaha meminimalisir mobilisasi teman-teman mencari makan yang bisa tertular dari luar,” ujar Suparmi.

Dengan begitu, Suparmi mengatakan pekebun dan peternak tidak hanya sekadar memproduksi, namun juga memiliki wadah untuk mempromosikan hasil olahan masing-masing.

“Jadi ini salahsatu unit usaha koperasi bukan di bawah Dinas, memang dikelola koperasi karyawan yakni Koperasi Karya Bersama milik Disbunnak Kalsel. Jadi jangan hanya menyuruh produksi tapi kita juga bisa membantu para pelaku usaha bagaimana mereka bisa punya potensi pasar,” kata Suparmi. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai