68 Lukisan dan Seni Instalasi Dipamerkan Dalam Memeriahkan Hari Jadi Kalsel ke-71

Kepala UPTD Taman Budaya, Suharyanti pada saat memberikan sambutan untuk pembukaan pameran lukisam dengan tema “Semarak Topeng” 71, Banjarmasin, Kamis (12/7/2021). MC Kalsel/usu

Dalam rangka memeriahkan semarak Hari Jadi Kalimantan Selatan yang ke-71 dan Ulang Tahun Ke-76 Republik Indonesia, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Taman Budaya menggelar kegiatan pameran lukisan dan seni instalasi.

Pameran ini sendiri dilaksanakan dengan kerjasama bersama Ikatan Pelukis Kalimantan Selatan (IPKS) dan Sanggar Lukis Sholihin dengan tema “Semarak Topeng” 71.

“Untuk jumlah lukisan yang dipamerkan ada sebanyak 68 dengan karya lukisan 65 dan seni instalasi berjumlah 3. Semua itu telah mewakili oleh seniman dari 13 Kabupaten/Kota yang ada di Kalimantan Selatan,” ucap Kepala UPTD Taman Budaya, Suharyanti, Jumat (13/8/2021).

Suharyanti mengungkapkan pelaksanaan pameran ini telah dimulai pada tanggal 12 Agustus dan berakhir tanggal 21 Agustus dari pukul 10.00 hingga 17.30 WITA.

“Dengan menaati protokol kesehatan, jadi untuk pengunjung akan kita batasi yang boleh berada di dalam ruang pameran hanya 10 orang, apabila lebih harus bergantian dan juga kita telah menyedikan tempat cuci tangan dan juga alat pengukur suhu,” tuturnya.

Suharyanti menjelaskan dipilihnya tema  “Semarak Topeng” 71 karena topeng di Kalimantan Selatan hampir dilupakan dan mungkin saja kurang diketahui oleh masyarakat seni maupun umum.

“Oleh karena itu diharapkan dengan kegiatan yang dilaksanakan oleh UPTD Taman Budaya dan bekerja sama dengan IPKS serta Sanggar Lukis Sholihin dapat melestarikan budaya daerah serta memperlihatkan kepada masyarakat umum,” tegasnya.

Selain kegiatan pameran lukisan, UPTD Taman budaya juga menampilkan pertunjukan tari topeng yang dilaksanakan secara virtual di channel youtube Taman Budaya.

“Komunitas seni yang ikut dalam penampilan ini diantaranya Kabupaten Barito Kuala, Balangan, Tapin, Hulu Sungai Tengah dan Kota Banjarmasin. Ke 5 Kabupaten/Kota ini yang masih kental kekhasan topengnya sesuai dengan adat budaya setempat,” pungkasnya. MC Kalsel/usu

Mungkin Anda Menyukai