Tekan Kasus COVID-19, Enam Daerah Di Kalsel Terapkan PPKM Level IV

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA (kanan) saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media di Kantor Setda Kalsel, Banjarbaru, Selasa (10/8/2021). MC Kalsel/tgh

Sesuai instruksi pemerintah pusat PPKM Level berjenjang di Kalsel diperpanjang dari 10 Agustus hingga 23 Agustus 2021. Perpanjangan ini juga diikuti bertambahnya 4 daerah yang ditetapkan masuk Level IV yaitu Kabupaten Barito Kuala, Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kotabaru.

Hal ini disampaikan Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA saat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media di Kantor Setda Kalsel, Banjarbaru, Selasa (10/8/2021).

Safrizal mengatakan sesuai intruksi tersebut maka kalsel memperpanjang PPKM selama 2 minggu kedepan. Diharapkan dengan perpanjangan PPKM ini dapat menurunkan rasio angka kematian maupun kasus COVID-19.

“Ada enam daerah di kalsel menerapkan PPKM Level IV. Sedangkan daerah lainnya dari 13 kabupaten/kota menerapkan PPKM level III hingga level II,” ungkapnya.

Untuk itu, Ia meminta kepada Bupati dan Wali Kota untuk menerapkan semua indikator ketentuan penerapan PPKM level IV dan Level III hinggal level II.

“Jadi kami juga akan mengeluarkan surat edaran intruksi Gubernur untuk seluruh daerah di Kalsel. Bahkan di masing-masing daerah Bupati dan Wali Kota juga mengeluarkan intruksi yang sama,” ucapnya.

Selain itu, penyebab bertambahnya daerah lain di Kalsel penerapan PPKM level IV dikarenakan kasus angka kematian dan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit cukup tinggi.

“Kami meminta kepada masyarakat agar mengikuti instruksi dalam pembatasan agar indikator per wilayah seperti keterpaparan, positif rate, BOR, angka kematian dapat turun dan kesembuhan naik,” ungkapnya.

Apalagi, angka kematian di Kalsel masih di angka 2,86 persen atau masih di atas Nasional.

“Kita sedikit di atas angka nasional 2,8 persen begitu juga dengan positif rate kita di atas angka rata-rata nasional. Kita harapkan dalam 2 minggu ke depan angka BOR bisa di bawah 50 persen,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai