Disdag Kalsel Berharap PT Samator Dapat Meningkatkan Produksi Oksigen

Kepala Disdag Kalsel, Birhasani (tengah) saat mengunjungi PT Samator, di Banjarbaru. Disdag Kalsel/dok

Di tengah tingginya kebutuhan dan perkembangan industri di Kalimantan Selatan (Kalsel) saat ini, Dinas Perdagangan (Disdag) Kalsel berharap PT Samator dapat meningkatkan kapasitas produksi oksigen.

“Diharapkan PT Samator menambah kapasitas produksinya seiring semakin meningkatnya investasi dan perkembangan industri di Kalsel,” kata Kepala Disdag Kalsel, Birhasani, Banjarmasin, Jumat (6/8/2021).

Diketahui, PT Samator merupakan satu-satunya produsen sekaligus distributor oksigen di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng).

Perusahaan memproduksi oksigen secara langsung meskipun dengan kapasitas produksi yang terbatas, ditambah dengan suplai dari Bontang Kalimantan Timur.

“Di masa normal sebelum COVID-19 perusahaan ini masih bisa memenuhi keperluan medis maupun industri di Kalselteng,” ujar Birhasani.

Namun, kondisi saat ini tentu menuntut ketersediaan oksigen yang lebih banyak dibanding masa normal. Saat ini, PT Samator memiliki tiga cabang di Kalsel, tepatnya di Banjarbaru, Tabalong, dan Tanah Bumbu, dan satu cabang di Sampit Kalimantan Tengah.

“Tentunya hal ini membuat ketersediaan oksigen di tiga perusahaan tersebut masih kurang terlebih untuk memenuhi Kalselteng, meski kapasitas produksinya sudah maksimal,” ujar Birhasani. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai