Tingkatkan Peran BLK, DPRD Kalsel Dukung Hibah Aset ke Kementerian Ketenagakerjaan

Suasana Rapat Paripurna tentang Pengambilan Keputusan DPRD Kalsel atas Hibah Aset Pemprov kepada Kementerian Ketenagakerjaan, di Banjarmasin, Kamis (22/7/2021). MC Kalsel/Ar

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Selatan (Kalsel) mendukung hibah aset Pemerintah Provinsi (Pemprov) kepada Kementerian Ketenagakerjaan, guna meningkatkan peran Balai Latihan Kerja (BLK) se-Indonesia agar mampu berkontribusi dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan profesional serta memiliki kemampuan yang dibutuhkan oleh dunia usaha.

“Hibah aset Pemprov kepada Kementerian Ketenagakerjaan berupa tanah seluas 10,11 hektar, peralatan mesin, gedung dan bangunan sebanyak 64 unit serta aset lainnya sebesar Rp74.954.488.458,95 ,” kata Wakil Ketua I DPRD Kalsel, M Syaripuddin pada rapat paripurna, di Banjarmasin, Kamis (22/7/2021).

Syaripuddin menilai, harus ada komitmen dari pemerintah pusat terhadap aset yang nantinya diserahkan oleh Pemprov Kalsel, seperti harus memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada masyarakat Kalsel yang nantinya mengikuti pendidikan dan pelatihan di BLK.

“Kemudian, pemerintah pusat harus menyediakan porsi tersendiri terhadap para penyandang disabilitas dengan menyesuaikan jenis-jenis pelatihan yang sesuai dengan kemampuan para penyandang difabel,” ujar Syaripuddin.

Dijelaskan Syaripuddin, pemindahtanganan aset yang bernilai lebih dari Rp5.000.000.000,00 dilakukan setelah mendapatkan persetujuan DPRD.

“Maka dari itu, diperlukan langkah-langkah dari DPRD dalam menindaklanjuti permohonan persetujuan dimaksud,” terang Syaripuddin. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai