Dinas PMD Kalsel Rampungkan Rehabilitasi Infrastruktur Desa Di Tapin Dan Tala

Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli, memberikan keterangan terkait keberlanjutan pembangunan infrastruktur desa melalui program TMMD, di Banjarbaru, Kamis (15/7/2021). MC Kalsel/Ar

Beberapa waktu lalu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalimantan Selatan (Kalsel) telah merampungkan pembangunan infrastruktur desa di Kabupaten Tapin dan Tanah Laut (Tala) dengan memanfaatkan dana hibah program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

“Tapin sudah merehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Pos Kamling dan masjid serta Tanah Laut sudah merehabilitasi RTLH, TK Alquran dan masjid,” kata Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli, di Banjarbaru, Kamis (15/7/2021).

Disebutkan Zulkifli, masing-masing dana hibah senilai Rp90.000.000,00 berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang diterima langsung oleh perwakilan Kodim 1010/Rantau dan Kodim 1009/Pelaihari untuk rehabilitasi atau pembangunan infrastruktur desa.

“Kita ingin pembangunan infrastruktur desa itu bisa membuka akses perekonomian masyarakat di desa,” ujar Zulkifli.

Rencananya, Kotabaru dan Hulu Sungai Tengah akan menyusul pembangunan infrastruktur desa di bulan Oktober mendatang.

“Pengerjaan itu dilaksanakan secara bertahap dikarenakan harus dilakukan monitoring untuk mengetahui bangunan yang layak direhabilitasi,” tambah Zulkifli.

Zulkifli pun menekankan, kegiatan TMMD dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, salah satunya dengan meminimalisir kerumunan saat pengerjaan pembangunan.

“Jadi, TNI agar bisa melakukan pembagian pekerjaan sehingga pelaksanaannya tidak memerlukan orang banyak,” tukas Zulkifli. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai