Porda SOIna Tingkat Provinsi Ajang Jaring Atlet Ke Tingkat Nasional

Kepala Bidang Pemberdayaan Olahraga Dispora Kalsel, M Nasir (kanan) mengalungkan medali kepada perwakilan tim futsal Kabupaten Tapin (kiri) pada kegiatan penutupan Pekan Olahraga Daerah (Porda) Special Olympics Indonesia (SOIna) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan di Borneo Futsal, Banjarbaru, Minggu (4/7/2021). MC Kalsel/tgh

Pekan Olahraga Daerah (Porda) Special Olympics Indonesia (SOIna) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan yang diselenggarakan selama empat hari dari tanggal 1-4 Juli 2021 resmi ditutup oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Olahraga Dispora Kalsel, M Nasir di Borneo Futsal, Banjarbaru.

Dalam event Porda SOIna tersebut menghadirkan juara umum dengan meraih 10 medali emas, 3 perak, dan 7 perunggu yaitu Kabupaten Tanah Laut. Dilanjutkan peringkat kedua ada Kabupaten Tapin yang berhasil mengumpulkan 5 medali emas dan 5 medali perak, dan di urutan ketiga ada Kabupaten Hulu Sungai Utara dengan torehan 4 medali emas.

Kepala Bidang Pemberdayaan Olahraga Dispora Kalsel, M Nasir mengatakan kegiatan ini merupakan agenda dari SOIna Provinsi Kalsel, dengan mempertandingkan 10 cabang olahraga (cabor) yakni futsal, basket, bulu tangkis, renang, bola voli, bola bocce, atletik, bola tangan, senam ritmik, hingga tenis meja.

“Anak-anak yang bertalenta khusus ini ternyata mereka mampu menunjukkan prestasi yang baik, dan memberikan semangat untuk kemandirian mereka sendiri, khususnya di bidang olahraga,” kata Nasir, kepada rekan media, Minggu (4/7/2021).

Nasir mengatakan agenda ini merupakan bentuk pembinaan dan persiapan jelang Pekan Olahraga Nasional (Pornas) SOIna yang akan dilaksanakan di Kota Semarang, Oktober 2022 mendatang. Selain Pornas, juga diagendakan ajang multievent olahraga untuk atlet Tunagrahita tingkat dunia yang akan dilangsungkan di Berlin, Jerman, pada tahun 2023.

“Ini tentu saja diproyeksikan untuk mengikuti Pekan Olahraga Nasional (Pornas) SOIna yang akan digelar di Kota Semarang tahun depan. Lalu di tahun 2023 ada Special Olympics World Summer Games (SOWSG), tingkat dunia di Berlin, Jerman,” ujarnya.

Namun, para atlet yang telah meraih juara pada even Porda SOIna Tingkat Provinsi akan langsung mewakili Kalsel. Tetapi, masih ada proses panjang yang harus dilalui, tergantung konsistensi atlet yang bersangkutan.

“Tentu saja para pemenang ini tidak serta merta mewakili Kalsel, karena akan dilakukan pembinaan sepanjang tahun. Namun bagi pemenang hari ini, mereka menjadi prioritas,” tuturnya.

Untuk diketahui pada tahun 2019 kemaren Atlet SOIna, pernah berlaga di Abu Dhabi pada ajang Special Olympics World Summer Games (SOWSG) tingkat dunia, bahkan kontingen Indonesia meraih 11 medali emas, 3 diantaranya dari Kalsel. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih