Pemprov Kalsel Pertanggungjawabkan Pelaksanaan APBD 2020

Pj Gubernur Kalsel, Safrizal ZA (kiri) menyerahkan dokumen Raperda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 kepada Ketua DPRD Kalsel, Supian HK (kanan), di Banjarmasin, Kamis (17/6/2021). MC Kalsel/Ar

Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), Safrizal ZA menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2020 pada Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel, di Banjarmasin, Kamis (17/6/2021).

Dikatakan Safrizal, Raperda Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020, dibuat sesuai Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang sudah menerapkan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual.

“LKPD yang disampaikan dalam bentuk Raperda telah kami sesuaikan dengan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia dengan memenuhi aspek normatif, kepatutan dan kewajaran,” ujar Safrizal.

Seluruh kegiatan dalam manajemen keuangan daerah, lanjut Safrizal, diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban dan pengawasan.

“Rangkaian kegiatan tersebut menjadi bagian dari upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dengan tiga pilar utama yaitu transparansi, akuntabilitas dan partisipatif,” tambah Safrizal.

Selain itu, pengelolaan keuangan daerah dilakukan dalam satu sistem yang sudah terintegrasi setiap tahun, agar bisa ditetapkan dengan Perda.

“Mudah-mudahan Raperda APBD Tahun Anggaran 2020 bisa kita selesaikan dengan baik, sesuai dengan prosedur dan ketentuan pembentukan Perda. Karena inilah wujud tanggung jawab pemerintah daerah terhadap otonomi daerah berdasarkan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah,” tukas Safrizal. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih