Sukseskan PSU, Disdukcapil Siap Bantu DPT Lengkapi Administrasi Kependudukan

Kepala Disdukcapil Kalsel, Irfan Sayuti. MC Kalsel/duk

Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil dan Keluarga Berencana (Disdukcapil-KB) Kalimantan Selatan telah berkoordinasi dengan Disdukcapil tingkat Kabupaten/Kota terkait administrasi kependudukan (adminduk) bagi Daftar Pemilih Tetap (DPT) di tiga wilayah yang akan menyelenggarakan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada tanggal 9 Juni mendatang.

Kepala Disdukcapil-KB Kalsel, Irfan Sayuti mengatakan pihaknya siap membantu DPT yang telah terdata di KPU Kalsel, jika tidak memiliki data kependudukan yang lengkap.

“Di Kalsel yang mencakup lima Kecamatan di Kabupaten Banjar, satu di Kecamatan Banjarmasin Selatan (Kota Banjarmasin) dan satu Kecamatan di Binuang. Tentu, kami jajaran Disdukcapil di provinsi siap mendukung dan menyukseskan sesuai kewenangan atau tupoksinya,” kata Irfan, Banjarbaru, Senin (7/6/2021).

Oleh karena itu, Irfan meminta DPT terdaftar yang tidak memegang Kartu Tanda Kependudukan (KTP) asli untuk mendatangi Disdukcapil terdekat.

“Dari 5, 6, 7 dan 8 Juni warga yang akan ikut dalam PSU bisa mendatangi kantor Dukcapil setempat selama jam kerja berlangsung,” ucap Irfan.

Senada dengan Irfan, Kepala Disdukcapil Kabupaten Banjar, Azwar juga menyatakan kesiapan untuk membantu masyarakat di wilayah PSU melengkapi administrasi kependudukan seperti KTP.

“Pemilih yang terdaftar yang masih belum mempunyai KTP atau merekam ke TPS dan siap dilayani dengan membawa semacam surat pengantar dari KPPS atau desa berdasarkan hasil koordinasi dengan KPUD dan Disdukcapil,” jelas Azwar.

Sementara itu, Plt Kepala Disdukcapil Banjarmasin Rijani, melalui Seksi Administrator Database (ADB), Deddy mengungkapkan ratusan dokumen administrasi kependudukan milik warga di wilayah PSU yang dinyatakan rusak, saat ini telah tertangani dengan baik.

“Alhamdulillah setelah dikoordinasikan dengan Kadis Dukcapil Kalsel, Disdukcapil Banjarmasin akan membuka layanan untuk melakukan percepatan pencetakan KTP baru di wilayah PSU bahkan kami membuka layanan ini dari Sabtu sampai Minggu,” kata Deddy.

Pada hari pelaksanaan, Deddy mengatakan Disdukcapil Banjarmasin akan membuka pelayanan di kantor Kecamatan Banjarmasin Selatan, sebagai langkah percepatan dalam rangka mendukung terlaksananya penyelenggaraan PSU.

“Jadi, yang mengajukan ke Dukcapil Kota Banjarmasin ada yang menyebutkan hilang, rusak dan totalnya ada 250. Untuk itu warga tidak perlu khawatir karena akan kami maksimalkan,” ucap Deddy

Adapun, ketersediaan blanko di Disdukcapil Kalsel hingga kini tercatat mencapai hampir 10.000 keping dan siap dibagikan ke Dukcapil kabupaten/kota untuk dicetak. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai