Pentingnya Perencanaan Kebutuhan SDMK Dalam Mendukung Pembangunan Sektor Kesehatan

Koordinasi Perencanaan Kebutuhan SDM Kesehatan tingkat Provinsi Kalsel tahun 2021 di Hotel Berbintang, Banjarmasin, Jumat (4/6/2021). MC Kalsel/tgh

Sumber Daya Manusia Kesehatan (SDMK) merupakan komponen penting dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan karena menjadi pelaku utama yang mempengaruhi keberhasilan pembangunan tersebut.

Dalam rangka koordinasi Perencanaan Kebutuhan SDM kesehatan tingkat Provinsi Kalsel, melalui Bidang Sumberdaya Manusia Kesehatan, Dinas Kesehatan Kalsel mengadakan koordinasi Perencanaan Kebutuhan SDM Kesehatan tingkat Provinsi Kalsel tahun 2021 berlangsung di Banjarmasin pada tanggal 2-4 Juni 2021 di Hotel Berbintang Banjarmasin.

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, M. Muslim mengatakan SDM yang berkualitas adalah penentu
utama berhasil tidaknya suatu pembangunan. Pada sektor kesehatan, pembangunan jangka panjang bidang SDM diarahkan antara lain pada peningkatan pelayanan kesehatan yang berkesinambungan dan berkualitas bagi penduduk, peningkatan pemerataan pembangunan kesehatan dalam rangka
meniadakan ketimpangan antar daerah dan antar kelompok penduduk, serta pengelolaan jumlah, mutu, dan pemerataan tenaga kesehatan sesuai dengan kebutuhan dan pelayanan kesehatan.

“Berdasarkan hal tersebut, maka perencanaan kebutuhan SDM Kesehatan sebagai tahap awal dalam proses manajemen SDM kesehatan dalam memegang peran penting untuk tata kelola SDM kesehatan secara komprehensif,” kata Muslim, Jumat (4/6/2021).

Menurutnya, mulai tahun 2015, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Provinsi telah menyusun dokumen rencana
kebutuhan SDM Kesehatan, namun dalam pelaksanaannya masih ditemukan kendala terkait dukungan dari pemangku kepentingan di Pemerintah Daerah masing-masing, baik dalam persiapan penyusunan, proses penyusunan, serta pemanfaatan dokumen dimaksud.

Terkait hal tersebut, Dinas Kesehatan Kalsel memandang perlu adanya pertemuan Koordinasi Perencanaan Kebutuhan
SDM Kesehatan Tingkat Provinsi Kalsel.

“Diharapkan kegiatan ini menjadi wadah saling berdiskusi dan berkolaborasi dan dukungan pemangku kepentingan dalam penyusunan rencana kebutuhan SDMK di setiap tingkatan administrasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi SDM Kesehatan Dinas Kesehatan Kalsel, Muhammad Rizal mengatakan tujuan kegiatan ini sebagai media mengkomunikasikan pentingnya perencanaan kebutuhan SDMK di setiap tingkatan administrasi pemerintahan.

“Ini merupakan media untuk mendapatkan komitmen dan dukungan pemangku kepentingan dalam penyusunan rencana kebutuhan SDMK di setiap tingkatan administrasi,” kata Rizal.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang terdiri dari peserta Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, BKD/BKPSDM Kab/Kota, RSUD Provinsi/Kab/Kota se-Kalsel dan peserta Provinsi (UPT Provinsi/Dinkes Provinsi. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai