Dispora Kalsel Gelar Festival Lima Cabor

Kepala Dispora Kalsel, Hermansyah (Tengah) memainkan olahraga tradisional sumpit pada kegiatan Festival Olahraga 5 Cabang Olahraga Tahun 2021 di Gor Hasanuddin, Banjarmasin, Selasa (25/5/2021). MC Kalsel/tgh

Ratusan peserta mengikuti even Festival 5 Cabang Olahraga Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel di Gor Hasanuddin, Banjarmasin.

Kegiatan tersebut mengusung tema “Melalui Olahraga Tradisional Kita Kenalkan dan Lestarikan Budaya Daerah Untuk Generasi Selanjutnya.” Pembukaan Festival tersebut ditandai dengan atraksi olahraga sumpit oleh Kadispora Kalsel, Hermansyah.

Hermansyah mengatakan, diadakannya festival ini dalam rangka melestarikan olahraga tradisional Provinsi Kalsel. 

“Hari ini kita gelar festival olahraga lima cabor yaitu Catur, Esport, Balogo, Panahan dan Sumpit,” kata Hermansyah, Selasa (25/5/2021).

Menurutnya, diselenggarakan festival ini untuk dapat meningkatkan olahraga tradisional di Kalsel.

Hal ini terlihat dari peserta yang mengikuti festival ini sangat antusiasme. Padahal even ini baru pertama kali digelar dan even ini akan menjadi agenda tahunan Dispora Kalsel.

“Mudah-mudahan kegiatan yang kita lakukan ini untuk menyasar generasi muda. Kita ingin generasi muda dapat menggemari olahraga tradisional balogo, sumpit dan lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Pembudayaan Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, M Nasir mengatakan tujuan kegiatan ini untuk menumbuhkan dan memupuk jiwa kebersamaan dan solidaritas masyarakat di Kalsel, menjadikan sarana berinteraksi dan bersilaturahim antar pecinta dan penggiat olahraga tradisional di Kalsel.

Kegiatan ini diselenggarakan selama 5 hari dan tempat kegiatan ada beberapa lokasi, yaitu kantor Dispora Kalsel, GOR Hasanuddin, Lapangan Panahan komp. GOR Hasanuddin, dan halaman Kantor Gubernur Kalsel di 0 KM Banjarmasin dengan tetap menerapkan protokol COVID-19

“Kegiatan ini merebutkan total Hadiah sebesar Rp125.000.000 dengan masing-masing cabang olahraga sebesar Rp25.000.000,” kata Nasir. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai