Perluas Jangkauan, Dispar Kalsel Berencana Menambah Armada Bus Wisata

Kepala Dispar Kalsel, M Syarifuddin. MC Kalsel Jml/dok

Guna memberikan kenyamanan dan meningkatkan sektor pariwisata, Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Selatan (Kalsel) berencana menambah dua unit armada bus wisata.

Kepala Dispar Kalsel, M Syarifuddin mengatakan pihaknya telah memberikan usulan kepada DPRD Kalsel terkait dukungan penambahan armada bus wisata untuk luar kota Banjarmasin.

“Sementara ini kita punya dua armada bus wisata yang operasionalnya fokus di Banjarmasin. Dengan usulan penambahan ini kita berharap bisa memperluas jangkauan dari bus wisata ini hingga ke Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar,” kata Syarifuddin, Banjarmasin, Selasa (25/5/2021).

Dia menuturkan, penambahan armada memberikan banyak pilihan kepada masyarakat untuk berkunjung ke destinasi wisata seperti Kiram Park hingga ke wisata urban pendulangan intan di Kabupaten Banjar.

“Sementara kita usulkan dua unit dulu, sembari melihat perkembangan antusias masyarakat bagaimana kedepannya,” singkat Syarifuddin.

Namun demikian, Syarifuddin tidak bisa memastikan realisasi pengadaan bus wisata itu. Dia pun berharap usulan tersebut mendapat respon positif dari DPRD Kalsel sehingga bisa direalisasikan dalam waktu dekat.

“Sebelumnya waktu dengar pendapat kami sudah mengutarakan langsung kepada anggota DPRD Kalsel, dan untuk surat resmi akan segera kami ajukan,” kata Syarifuddin.

Saat ini, masyarakat bisa berkeliling Banjarmasin menggunakan dua armada bus wisata Dinas Pariwisata Kalsel dengan biaya Rp10.000,00 per orang.

Bus wisata tersebut biasa beroperasi di sore hari mulai pukul 15.00-16.30 WITA, dan untuk akhir pekan bus wisata beroperasi mulai pagi, siang, sore hari atau mulai pukul 08.00-09.30 WITA, 11.00-14.00 WITA, dan 15.30-17.00 WITA dengan titik awal yakni di Siring 0 Km Banjarmasin. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai