Telah Terakreditasi KAN, UPT Laboratorium Bahan Konstruksi Miliki Tiga Layanan Unggulan

Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Laboratorium Bahan Konstruksi, Gusnawansyah kepada Media Center, Banjarmasin, Senin (24/5/2021). MC Kalsel/tgh

Unit Pelaksana Teknis Daerah Laboratorium Bahan Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan memiliki tiga layanan unggulan yaitu pengujian kualitas bahan konstruksi, kualitas air dan pengujian struktur konstruksi. 

Hal ini disampaikan Plt Kepala UPT Laboratorium Bahan Konstruksi, Nasrullah melalui Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Laboratorium Bahan Konstruksi, Gusnawansyah kepada Jurnalis Media Center di kantor setempat, Banjarmasin, Senin (24/5/2021).

Gusnawansyah mengatakan pengujian laboratorium bahan konstruksi merupakan salah satu aspek penting dalam mencapai suatu keberhasilan pembangunan infrastruktur yang berkualitas dan handal. Untuk itu Laboratorium Bahan konstruksi merupakan instrumen utama dalam pengendalian mutu.

“Tujuan dari Laboratorium Bahan Konstruksi adalah menyediakan pelayanan jasa pengujian laboratorium untuk pengujian kualitas bahan konstruksi, kualitas air dan pengujian strukstur konstruksi. Manfaatnya adalah memberikan kepastian kualitas atas bahan yang digunakan untuk kegiatan pembagunan infrastruktur, desain campuran, kualitas air dan pengujian atas kualitas struktur konstruksi yang akan dibagun nantinya,” kata Gusnawansyah.

Sedangkan layanan yang ada pada Laboratorium Bahan Konstruksi meliputi pertama, pengujian bahan bangunan yaitu melaksanakan pengujian bahan material seperti beton untuk konstruksi, bahan material untuk campuran aspal, desain campuran beton dan material lainnya yang berkaitan dengan bangunan gedung dan jalan.

Kedua, pengujian tanah dan batuan yaitu melaksanakan pengujian tanah dan material batuan yang berkaitan dengan daya dukung tanah untuk pondasi bangunan dan struktur jalan.

Ketiga, pengujian air yaitu melaksanakan pengujian kualitas air dan air limbah lingkungan maupun pabrik dan keempat, pengujian lapangan yaitu melaksanakan pengujian atas struktur konstruksi di lapangan seperti Hummer test, Core drill, dan sondir.

Oleh karena itu, setiap proyek pembangunan infrastruktur yang ada di Dinas PUPR maupun SKPD lain wajib untuk melakukan pengujian Laboratorium Bahan Konstruksi untuk memastikan kualitas bahan konstruksi yang akan dibangun.

“Jadi diharapkan semua proyek infrastruktur wajib melakukan pengujian Laboratorium Bahan Konstruksi. Apalagi kami memiliki Sertifikat Akreditasi ISO/IEC 17025-2017 oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN),” ungkapnya.

Untuk diketahui, jam pelayanan Laboratorium Bahan Konstruksi dari hari Senin s.d. Jumat dimulai pukul 08.00 sampai 16.00 WITA. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai

 


 

Pemprov Kalsel Perlu
Pendapat Anda!


Terima kasih telah mengakses portal berita kami.
Kesediaan anda mengisi survei kepuasan
sangat membantu kami untuk mengevaluasi
penyelenggaraan Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) tahun 2022
demi kemajuan pembangunan di Kalimantan Selatan.

 

 


Ya, Saya Bersedia

 

Tidak, terima kasih