Dispora Kalsel Akan Gelar Perlombaan Olahraga Tradisional

Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel , M Nasir kepada media center di Banjarmasin, Rabu (19/5/2021). MC Kalsel/tgh

Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel akan mengadakan perlombaan 5 cabang olahraga tradisional pada tanggal 25-29 Mei 2021. Kegiatan ini sebelumnya diagendakan pada bulan April. Namun tertunda karena bulan Ramadan dan dipastikan Mei akan terselenggara.

Hal ini disampaikan Kepala Dispora Kalsel, Hermansyah melalui Kepala Bidang Pembudayaan Olahraga Dispora Kalsel, M Nasir kepada media center di Banjarmasin, Rabu (19/5/2021).

“Kami akan gelar perlombaan 5 cabang olahraga tradisional dengan mempertandingkan panahan tradisional, sumpit, balogo, catur dan esport dengan tujuan pembudayaan, menjaring dan memberi sarana komunitas-komunitas yang ada di Kalsel untuk terus bisa berolahraga,” kata Nasir.

Nasir mengatakan mekanisme dalam perlombaan nanti tetap menegakan protokol kesehatan ketat. Setiap penampilan akan dibatasi hanya 50 peserta.

“Jadi rencana untuk esport, panahan dan sumpit itu dilaksanakan di GOR Hasanudin Banjarmasin, kemudian balogo di halaman Kantor Gubernur 0 km. Sedangkan catur akan kita buka di Kantor Dispora Kalsel. Kita atur agar prokes tetap terjamin,” ungkapnya.

Menurutnya antusias peserta yang ingin mengikuti kegiatan ini sangat banyak sekali, terlihat jumlah peserta yang mendaftar melebihi target. “Kita target 250, tapi karena ini penyelenggaraannya ada beberapa hari, jadi kita tetap buka sampai hari senin depan pendaftarannya,” jelasnya.

Sedangkan untuk total hadiah sebesar Rp125 juta termasuk pembinaan.

“Ini bukan kompetisi mengejar prestasi tapi lebih membudayakan olahraga,” pungkasnya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai