Pemprov Kalsel Hibahkan Rp1,5 Miliar Lebih untuk Mendorong Revitalisasi BUMDes

Workshop Revitalisasi BUMDes, di salah satu hotel berbintang, di Kabupaten Banjar, Selasa (30/3/2021). MC Kalsel/Ar

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kalimantan Selatan mendorong revitalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan memberikan dana hibah untuk memperkuat permodalan.

“Ada 39 BUMDes yang menerima dana hibah dengan total sebesar Rp1.564.000.000,00 di 10 kabupaten yaitu Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Selatan, Tanah Bumbu, Tapin, Banjar, Hulu Sungai Tengah, Kotabaru, Tabalong, Barito Kuala, dan Tanah Laut,” kata Kepala Dinas PMD Kalsel, Zulkifli pada pembukaan Workshop Revitalisasi BUMDes, di Kabupaten Banjar, Selasa (30/3/2021).

Dijelaskan Zulkifli, pemberian dana hibah ditujukan untuk menunjang pencapaian sasaran program dan kegiatan Pemerintah Daerah dalam mendukung terselenggaranya fungsi pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dengan memperhatikan asas keadilan kepatutan, rasionalitas, dan manfaat untuk masyarakat.

“Keberadaan hibah merupakan salah satu bentuk komitmen Pemprov Kalsel dalam rangka memotivasi BUMDes agar terus mengembangkan usahanya sehingga BUMDes dapat menjadi pilar utama dalam peningkatan perekonomian desa,” ujar Zulkifli.

Menurut Zulkifli, BUMDes berperan sebagai lokomotif penggerak perekonomian desa. Dia pun berharap 1.426 BUMDes yang telah terbentuk dapat menunjukkan hasil positif dan memotivasi lahirnya BUMDes lainnya.

“Mudah-mudahan BUMDes tidak hanya menguntungkan untuk Pemerintah Desa, tetapi bisa berdampak positif terhadap ekonomi masyarakat,” kata Zulkifli. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai