Seminggu Ke Depan Kalsel Berpotensi Mengalami Hujan Ringan Hingga Lebat

Prakiraan cuaca dari BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Syamsuddin Noor. MC Kalsel/scw

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas II Syamsuddin Noor menyampaikan prospek prakiraan cuaca mingguan wilayah Kalimantan Selatan tanggal 10 Maret hingga 16 Maret 2021.

“Kondisi cuaca di Kalsel umumnya berawan hingga hujan ringan dan berpotensi hujan sedang hingga lebat. Suhu udara berkisar antara 23 sampai 32 derajat celcius dengan kelembaban udara berkisar antara 55 sampai 99 persen,” kata Prakirawan Cuaca, Adhitya Prakoso, Banjarbaru, Rabu (10/3/2021).

Untuk kondisi angin, umumnya bertiup dari arah barat daya hingga timur laut dengan kecepatan antara 5 hingga 35 kilometer/jam.

“untuk Kalimantan Selatan bagian utara seperti Tabalong, Balangan, dan Hulu Sungai Utara serta Kalimantan Selatan bagian timur yaitu Kotabaru dan Tanah Bumbu, pada tanggal 10 sampai 16 maret 2021 berpotensi terjadi hujan ringan sampai hujan sedang dan umumnya berawan,” ujar Adhit.

Kemudian, untuk Kalimantan Selatan bagian selatan atau Tanah Laut pada tanggal 10 hingga 16 Maret diperkirakan berawan dan berpotensi hujan sedang hingga lebat.

“Selanjutnya, untuk Kalimantan Selatan bagian barat seperti Hulu Sungai Tengah (HST), Hulu Sungai Selatan (HSS), Tapin, Barito Kuala, Banjar, Banjarmasin dan Banjarbaru, pada tanggal 10 sampai 16 Maret 2021 berpotensi hujan ringan hingga sedang dan umumnya berawan,” kata Adhit.

Oleh karena itu, Adhit meminta masyarakat Kalsel untuk tetap waspada, terlebih pada potensi hujan sedang hingga lebat yang mungkin terjadi di sejumlah wilayah.

“Untuk peringatan dini, waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang pada tanggal 10 sampai 11 Maret 2021 pada siang atau sore hari dan malam atau dini hari di Tabalong, Balangan,Tanah Bumbu, dan Kotabaru,” ujar Adhit.

Selain kabupaten/kota di atas, pada tanggal 15 sampai 16 Maret 2021, sejumlah daerah juga berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang, seperti Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala, Tanah Laut, Tabalong, Balangan, Kotabaru, Tanah Bumbu dan sekitarnya. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai