DPPPA Kalsel Tindak Lanjuti Program Pendampingan Kualitas Keluarga

Kepala DPPPA Kalsel, Husnul Hatimah, memberikan keterangan terkait Bimtek bagi pendamping kader kualitas keluarga se-Kalsel, secara virtual, Banjarbaru, Selasa (9/3/2021). MC Kalsel/scw

Guna menindaklanjuti program pendampingan kualitas keluarga, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kalimantan Selatan kembali menggelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi pendamping kader kualitas keluarga se-Kalsel, secara virtual, Banjarbaru, Selasa (9/3/2021).

Kepala DPPPA Kalsel, Husnul Hatimah, mengatakan pada Bimtek tersebut pihaknya memberikan pedoman dan indikator dalam hal mengawal ketahanan keluarga.

“Hari ini kita melaksanakan Bimtek bagi pendamping kader kualitas keluarga, dengan memberikan arahan untuk tindak lanjut dalam peningkatan kualitas keluarga di kabupaten/kota, dengan memberikan pedoman kebijakan serta beberapa komponen dan indikator dalam hal mengawal ketahanan keluarga,” kata Husnul.

Dikatakan Husnul, DPPPA Kalsel pun berkomitmen untuk terus memberikan memberikan pembinaan dan pendampingan bagi kader-kader untuk dapat meningkatkan kualitas keluarga di Kalsel.

“Kita sampaikan tugas dari pada kader pendamping kualitas keluarga di desa, kemudian tim di kabupaten selanjutnya berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait apa yang akan mereka lakukan dalam hal meningkatkan kualitas keluarga, dari data-data yang sudah diisi oleh kepala keluarga,” ucap Husnul.

Dari data tersebut, akan terlihat instrumen-instrumen yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas keluarga di daerah masing-masing.

“Indikator yang menjadi kekurangan di desa tersebut akan menjadi bahan untuk tindak lanjut oleh TPK2D  di kabupaten/kota, untuk memberikan fasilitas ataupun juga pembinaan dan sosialisasi permasalahan yang ada di desa tersebut,” ujar Husnul.

Sejauh ini, Husnul menilai para kader sudah memahami tugas masing-masing, mulai dari sosialisasi ke kepala keluarga, koordinasi dengan pemerintah desa setempat, hingga mencocokan data yang telah diinput kepala keluarga dengan data yang ada di desa.

“Alhamdulillah rata-rata desa yang ditunjuk oleh kabupaten/kota itu sudah menunjukkan sebagai desa yang ketahanan keluargan berada di kategori sedang,” ujar Husnul. MC Kalsel/scw

Mungkin Anda Menyukai