Vaksinasi Covid-19 Diperlukan Untuk Atasi Penyebaran Covid-19 di Indonesia

Kementerian Kesehatan RI menggelar webinar “Mengapa Perlu Vaksinasi Covid-19”, Jumat (22/1/2021). MC Kalsel/ARH

Dalam menghadapi Covid-19 dan program vaksinasi, Kementerian Kesehatan RI menggelar webinar “Mengapa Perlu Vaksinasi Covid-19”.

Ditjen P2P, Kementerian Kesehatan RI, dr Asik Surya mengatakan vaksinasi Covid-19 perlu dilakukan untuk melengkapi strategi mengatasi Covid-19 di Indonesia.

“Dengan vaksin, kita dapat melengkapi strategi dalam mengatasi Covid-19, sehingga penyebarannya dapat kita tekan,” ucapnya, Jumat (22/1/2021).

Dalam memilih vaksin, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan agar vaksinasi Covid-19 dapat berjalan lancar.

“Faktor keamanan adalah yang terpenting agar tidak ada efek samping berat dan lama perlindungan setidaknya 1 tahun,” tuturnya.

Tujuan dari vaksinasi Covid-19 yaitu menurunkan sakit dan kematian akibat Covid-19, melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh dan menjaga produktifitas dan meminimalkan dampak sosial dan ekonomi.

“Maka kita harus menyukseskan vaksinasi Covid-19 di Indonesia agar tujuan tersebut dapat kita capai bersama,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, vaksinasi Covid-19 sudah dinyatakan halal oleh Komisi Fatwa MUI Pusat bahwa vaksin Covid-19 hukumnya suci dan halal.

“Pada tanggal 8 Januari 2021 telah dinyatakan halal oleh MUI. Jadi jangan ada keraguan lagi tentang halal atau haramnya vaksin Covid-19,” tambahnya.

Ia berharap, vaksinasi Covid-19 dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat tidak takun untuk ikut divaksin.

“Vaksinasi saat ini sudah mulai dilaksanakan, namun penerapan protokol kesehatan tetap menjadi hal utama yang perlu dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya. MC Kalsel/ARH

Mungkin Anda Menyukai