Menko PMK RI Tinjau Pengungsian Banjir di Kabupaten Banjar

Menko PMK RI, Muhadjir Effendy (kemeja putih) saat meninjau pengungsian banjir di stadion Demang Lehman, Kabupaten Banjar, Kamis (21/1/2021). MC Kalsel/Jml

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy didampingi Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel), Muhammad Syarifuddin, dan Penjabat Sekretaris Daerah Kalsel serta sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kalsel meninjau posko pengungsian korban banjir di stadion Demang Lehman, Kabupaten Banjar, Kamis (21/1/2021).

Setibanya di Stadion Demang Lehman, Muhadjir beserta rombongan langsung meninjau ruang istirahat para pengungsi dan membagikan sejumlah bantuan seperti makanan tambahan dan juga masker.

Di lokasi yang sama, Menko PMK juga meninjau posko pemeriksaan kesehatan pengungsi dan dapur umum.

Pada kunjungan ke stadion Demang Lehman ini, Muhadjir juga meminta agar protokol kesehatan tetap bisa diterapkan di tempat pengungsian. Dia menyarankan agar di satu ruangan hanya diisi maksimal dua kepala keluarga.

“Saya lihat para pengungsi cukup sehat dan tidak tertekan, tempatnya juga bagus. Tapi saya sarankan mungkin agak dikurangi jumlahnya dalam satu ruangan, kalo bisa satu ruangan maksimal dua kepala keluarga,” kata Muhadjir.

Tidak hanya itu, Menko PMK juga menyarankan agar setiap pengunjung atau pengungsi baru yang mau masuk dilakukan rapid test terlebih dahulu, baik itu antibodi atau antigen.

“Saya minta siaga betul, jangan sampai tempat pengungsian ini jadi klaster baru Covid-19,” kata Muhadjir.

Guna mendukung penerapan protokol kesehatan di tempat pengungsian, Muhadjir juga meminta jajarannya untuk segera mendistribusikan alat rapid test dan alat swab.

“Kami juga memberikan bantuan berupa masker khususnya masker anak-anak dari Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak. Insya Allah anak-anak aman dalam upaya kita mencegah adanya penularan Covid-19 ditempat pengungsian,” pungkas Muhadjir. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai