Gubernur Kalsel Tinjau Lokasi Banjir Di Kabupaten Banjar

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor (kanan) saat meninjau lokasi banjir di Kabupaten Banjar, Selasa (29/12/2020). MC Kalsel/Fuz

Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor bersama jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kalsel meninjau lokasi banjir di Kabupaten Banjar.

Tinjauan lokasi banjir dimulai dari Desa Teluk Selong Ulu, Kecamatan Martapura Barat sampai Desa Pekauman Kecamatan Martapura Timur.

Banjir di beberapa daerah di Kabupaten Banjar ini disebabkan oleh tingginya debit air sungai Martapura sehingga meluap ke kediaman warga serta ketinggian air yang merendam pemukiman antara 30 sampai 50 cm.

Sahbirin dalam kunjungan tersebut melihat langsung kondisi rumah warga yang terdampak dan mengatakan akan segera  dilakukan penanganan.

“Kita akan segera memberikan bantuan, terutama lokasi pengungsian dan dapur umum,” kata Sahbirin, Selasa (29/12/2020).

Selain itu, sebagian masyarakat yang rumahnya terendam banjir mengungsi di sekolah dan rumah keluarga lainnya, harus tetap berhati-hati dan memastikan rumah dalam kondisi tertutup atau aman.

“Kita mengingatkan kepada masyarakat agar tetap berhati-hati jika rumahnya kosong, begitu juga bagi anak-anak yang bermain air apalagi yang tidak bisa berenang agar tetap dalam pengawasan orang tua,” tambahnya.

Sahbirin berharap normalisasi sungai Martapura dapat segera terlaksana untuk mengatasi banjir yang terjadi di Kabupaten Banjar.

“Rencananya pengerukan sungai Martapura ini sudah lama ingin dilakukan. Kita juga lakukan kajian-kajian serta pemetaan daerah rawan banjir dengan melibatkan instansi terkait,” tutupnyaMC Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai