Dinas PUPR Kalsel Rampungkan Jalan Paramasan

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kalsel, M Yasin Toyib saat ditemui Jurnalis Media Center, Banjarbaru, Senin (14/12/2020). MC Kalsel/tgh

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Kalimantan Selatan melalui Bidang Bina Marga telah menyelesaikan pekerjaan peningkatan jalan Desa Paramasan Bawah-Paramasan Atas-Angkipih, Kecamatan Paramasan untuk Tahun Anggaran 2020.  

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Kalsel, M Yasin Toyib saat ditemui Jurnalis Media Center, Senin (14/12/2020).

Menurutnya, total panjang jalan sekitar 2.400 meter. Untuk tahun 2020 target jalan sepanjang 1.300 meter telah tercapai dan telah dilakukan serah terima pada tanggal 9 November 2020 lalu, dengan ketebalan perkerasan beton semen 20 cm dan lebar jalan 4 meter. Selain pengerasan beton, pekerjaan juga berupa pengaspalan sepanjang 500 meter.

“Jadi dengan selesainya peningkatan jalan ini maka akses penunjang perekonomian masyarakat disekitar akan maju,” katanya.

Apalagi sebagian besar mayoritas Warga Desa Paramasan berprofesi sebagai petani. Maka sangat membutuhkan akses jalan yang menjadi sarana pendukung untuk mengangkut hasil produksi, sehingga tidak mengalami kesulitan, khususnya untuk mengangkut hasil kebun dan pertanian.

“Jalan ini sangat membantu bagi masyarakat disana untuk menuju kota dalam menjual hasil pertanian mereka,” ungkapnya.

Selain itu, proyek peningkatan jalan tersebut juga sebagai pembuka jalan menuju tempat pariwisata Air Terjun Mandin Mangapan di Desa Paramasan Atas, Kecamatan Paramasan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. 

“Disana ada sebuah air terjun dengan ketinggian kurang lebih 30 meter. Berada di tengah hutan hujan tropis yang masih asri, di puncak Gunung Ambilatau,” tutupnya. 

Untuk diketahui progres jalan pramasan tahun 2021 akan dilakukan secara bertahap akan di selesaikan dari pengerasan hingga mulus semuanya. MC Kalsel/tgh

Mungkin Anda Menyukai