Pemprov Kalsel Miliki Kinerja Terbaik di Bidang Informasi Geospasial

Pj. Sekretaris Daerah Kalimantan Selatan, Roy Rizali Anwar (dua kiri), mewakili Plt. Gubernur Kalsel menerima Bhumandala Award 2020 dari Badan Informasi Geospasial Pusat, Jakarta, Jumat (27/11/2020). Biro Adpim

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan meraih penghargaan Bhumandala Award 2020 atas kinerja terbaik di tingkat provinsi dalam membangun Simpul Jaringan Informasi Geospasial.

Pj. Sekretaris Daerah Kalsel, Roy Rizali Anwar, mewakili Plt. Gubernur Kalsel mengatakan Kalsel berhasil menerima penghargaan tersebut dari Badan Informasi Geospasial Pusat karena telah memiliki portal informasi geospasial yang baik dan telah dapat dimanfaatkan, baik oleh pemerintah maupun masyarakat.

“Portal informasi geospasial adalah pemetaan sebuah wilayah yang dilengkapi dengan data potensi-potensi alam dan keunggulan komparatif yang dimiliki daerah,” kata Roy, Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Kalimantan Selatan, lanjut Roy, merupakan salah satu provinsi yang mendapat fasilitasi pembangunan simpul jaringan geospasial melalui program lumbung.

“Perangkat keras dan perangkat lunak dari kegiatan tersebut masih digunakan dan berjalan dengan baik. Kalimantan Selatan menyediakan berbagai tema peta di geoportal. Sistem untuk akses peta yang tersedia cukup baik dan dapat digunakan untuk pemantauan penggunaannya,” terang Roy.

Diketahui, penghargaan Simpul Jaringan Informasi Geospasial tahun ini merupakan gelaran keempat setelah pertama kali diselenggarakan pada tahun 2014 lalu.

Dalam perjalanannya, proses monitoring dan evaluasi terhadap kinerja simpul jaringan bersinergi dengan Peraturan Presiden Nomor 27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional dan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

“Ini menjadi komitmen bahwa penyelenggaraan informasi geospasial harus memenuhi standar data, memiliki metadata yang baku serta memenuhi kaidah interoperabilitas data,” kata Roy. Biro Adpim/MC Kalsel/AY

Mungkin Anda Menyukai