Persiapan Logistik Pilkada Kotabaru Capai 100 Persen

Ketua KPU Kotabaru, Zainal Abidin, memberikan keterangan terkait kesiapan logistik menjelang Pilkada, Rabu (25/11/2020). MC Kalsel/Ar

Persiapan logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kotabaru, seperti bilik, kotak suara, tinta, sampul, dan surat suara telah mencapai 100 persen.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotabaru telah mengusulkan pengadaan logistik pada tahun 2019 dan terealisasi pada September 2020 setelah Pasangan Calon (Paslon) ditetapkan.

“Kami sudah memperkirakan Paslon di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Kotabaru ada enam orang, tetapi kenyataannya hanya dua orang saja,” ujar Ketua KPU Kotabaru, Zainal Abidin, Kotabaru, Rabu (25/11/2020).

Dikatakan Zainal, pihaknya juga sudah menyortir surat suara Pemilihan Gubernur sebanyak 214.468 lembar dan Pemilihan Bupati berjumlah 216.868 lembar.

“Formulir yang baru diterima akan didistribusikan pada 1 Desember untuk Kecamatan Pulau Sembilan,” tutur Zainal.

Di kesempatan tersebut, Zainal juga mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi di Kotabaru Oktober lalu berdampak terhadap administrasi penyelenggaraan Pilkada.

“Kami sudah melakukan koordinasi pendataan dengan RT setempat dan data-data tersebut sudah diinventarisasi dan DPT ada 209.201 pemilih,” kata Zainal.

Selain persiapan logistik standar, KPU Kotabaru juga menyiapkan APD di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) seperti tempat cuci tangan, tisu, alat pengukur suhu tubuh, bilik sterilisasi, dan sarung tangan.

“Protokol kesehatan wajib diterapkan agar terhindar dari penyebaran Covid-19,” tukas Zainal. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai