40 Lulusan Amnus Banjarmasin Siap Terjun ke Dunia Kerja

Prosesi Pelantikan Perwira Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan serta Yudisium XV Wisuda XIV Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin, Sabtu (7/11/2020). MC Kalsel/Jml

Akademi Martim Nusantara (Amnus) Banjarmasin kembali menggelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka Pelantikan Perwira Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan serta Yudisium XV Wisuda XIV, Banjarmasin, Sabtu (7/11/2020) pagi.

Direktur Akademi Maritim Nusantara Banjarmasin, Noor Fahtuliansyah, mengatakan 40 Perwira Ketatalaksanaan Pelayaran Niaga dan Kepelabuhanan yang diwisuda telah siap untuk terjun ke dunia kerja.

“Alhamdulillah wisuda hari ini berjalan lancar,  mereka yang diwisuda hari ini juga sudah siap untuk menuju dunia kerja,” kata Fahtuliansyah.

Dikatakan Fahtul, lulusan Amnus Banjarmasin saat ini banyak terserap oleh dunia kerja atau perusahaan pelayaran, pelabuhan, dan bongkar muat.

Meskipun begitu, Dia mengakui bahwa saat ini Amnus Banjarmasin masih belum bisa memenuhi kuantitas SDM yang diminta oleh dunia pelayaran dan stakeholder.

Hal itu disebabkan oleh kurangnya animo anak muda di Banjarmasin terhadap dunia pelayaran, sementara peluang kerja di sektor tersebut sangat besar.

“Yang diinginkan oleh dunia kerja pelayaran saat ini seperti penguasaan ilmu-ilmu pelayaran dan pengelolaan pelabuhan seperti ilmu Marine and Cargo, Nautika (pengoperasian kapal), dan tatalaksana dokumen. Ilmu itulah yang kami berikan kepada mereka selama tiga tahun, dan kami yakin mereka sangat siap untuk berkiprah disektor pelayaran dan pelabuhan,” pungkas Fahtul. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai