Semangat Jurnalisme Dalam Memberikan Optimisme Kepada Masyarakat

Webinar pembekalan materi bagi anggota Felowship Jurnalis Perubahan Perilaku (FJPP) dengan tema “Mengarusutamakan Perubahan Perilaku untuk Menyelamatkan Masyarakat dari Pandemi Covid-19”.

Dewan Pers bersama Gugus Tugas kembali melakukan Webinar pembekalan materi bagi anggota Felowship Jurnalis Perubahan Perilaku (FJPP) untuk memberikan tambahan informasi dan juga bisa menjadi referensi dalam produksi karya jurnalistik.

Pada Webinar kali ini mengangkat tema “Mengarusutamakan Perubahan Perilaku untuk Menyelamatkan Masyarakat dari Pandemi Covid-19”.

Lima Narasumber yang memberikan materi, diantaranya Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate, Kasubbid Sosialisasi Bidang Perubahan Perilaku Satgas Covid-19, Dwi Listyawardani, Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari, Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Sutta Dharmasaputra, Anggota Dewan Pers, Jamalul Insan serta Tina Talisa sebagai moderator.

Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari memberikan apresiasi kepada insan pers yang tergabung dalam FJPP ini, selain menghasilkan karya jurnalis juga memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama penerapan 3M, Menjaga Jarak, Memakai Masker dan Mencuci Tangan.

“Mereka merupakan sukarelawan yang mengabdi untuk mensosialisasikan 3M protokol kesehatan. Adapun sumbangsih mereka yakni dengan penugasan 15 berita ditambah satu berita feature dalam sebulan,” kata Atal S. Depari, Jumat (6/11/2020).

Hal lain juga disampaikan, bahwa anggota yang tergabung tersebut adalah mereka yang telah memiliki kompetensi sebagaimana syarat keanggotaan bergabung di FJPP tersebut.

“Mereka yang diambil ini merupakan wartawan yang sudah profesional, yang sudah mengikuti uji kompetensi. Tapi terkadang ada sering masuk angin, kadang kehilangan angle dan bingung mau tulis apa,” tambahnya.

Pada kesempatan pertemuan virtual ini, orang nomor satu di organisasi kewartawanan ini memberikan tips terkait kinerja FJPP. “Bahwa setiap jurnalis nanti harus sadar, jurnalis optimis. Hal ini penting, sehingga penulisan nantinya dapat memberikan optimis kepada masyarakat,” tutupnya. Mc Kalsel/Fuz

Mungkin Anda Menyukai