Pemprov Kalsel Dukung Komitmen HNSI Tingkatkan SDM Nelayan

Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Setdaprov Kalsel, Fathurrahman, memberikan sambutan pada Musyawarah Daerah DPD HNSI Kalsel di Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Rabu (14/10/2020). MC Kalsel/Jml

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan siap memberikan dukungan terhadap komitmen Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kalsel untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Nelayan.

“Pemerintah Provinsi Kalsel melalui dinas terkait baik itu Dinas Perikanan dan Kelautan maupun Koperasi akan menindaklanjuti apa yang diperlukan HNSI untuk meningkatkan kemampuan SDM anggotanya melalui dana APBD yang tersedia. Yang jelas Pemerintah Provinsi sangat mendukung untuk kesejahteraan nelayan Kalsel,” ujar Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Setdaprov Kalsel, Fathurrahman mewakili Plt. Gubernur Kalsel, pada Musyawarah Daerah DPD HNSI Kalsel, Banjarmasin, Rabu (14/10/2020).

Terkait peningkatan SDM tersebut, Ketua Sementara HNSI Kalsel, Suryatinah, mengatakan pihaknya akan melakukan regenerasi Nelayan berdasarkan usia.

“Kami akan melakukan regenerasi kepada Nelayan kita yang sudah berumur. Seperti yang kita tahu, jumlah Nelayan di Kalsel ada 30 ribu KK lebih, kalau dikonversikan ke jiwa bisa mencapai ratusan ribu,” kata Suryatinah.

Sebagai tahap awal regenerasi, ujar Suryatinah, HNSI akan melakukan modernisasi sarana dan prasarana pancing para Nelayan. Selain itu, pihaknya juga akan memberikan pengarahan dan penyuluhan kepada keluarga Nelayan di Kalsel bahwa profesi tersebut memiliki potensi yang bagus kedepannya.

“Kemampuan mereka untuk mengerti kepada apa itu usaha Nelayan, usaha perikanan, dan usaha budidaya itulah yang akan kita ajarkan. Karena selama ini pemahaman mereka terhadap hal tersebut masih kurang,” tutur
Suryatinah.

Kedepannya, HNSI Kalsel juga berencana menjalin kerja sama dengan balai pelatihan untuk meningkatkan SDM nelayan di Kalsel.

“Mungkin kedepan kami akan bekerjasama dengan BLK jika mereka mau mendidik Nelayan,” singkat Suryatinah. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai