Kadinkes Kalsel Imbau Penerapan Protokol Kesehatan di Rumah Ibadah

Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, Muslim selaku salah satu narasumber pada Sarasehan dan Dialog Umat Beragama memberikan keterangan terkait penerapan protokol kesehatan di rumah ibadah, Banjarmasin, Selasa (13/10/2020). MC Kalsel/Jml

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan, Muslim, terus mengimbau masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, tidak terkecuali saat menjalankan kegiatan keagamaan ataupun beribadah di rumah ibadah.

“Agar semua kegiatan keagamaan aman dari Covid-19, mau tidak mau kita harus tertib dalam menjalankan dan mengimplementasikan protokol kesehatan. Paling tidak disiplin menggunakan masker,” kata Muslim selaku salah satu narasumber pada Sarasehan dan Dialog Umat Beragama, Banjarmasin, Selasa (13/10/2020).

Dikatakan Muslim, yang perlu dilakukan oleh petugas masjid atau panitia kegiatan keagamaan yakni pengawasan pada jemaah, tempat kegiatan, dan jenis kegiatannya, terpenting adalah pengawasan terhadap potensi kerumunan pada suatu aktivitas.

“Dalam setiap kegiatan jaga jarak ini yang sering kita lupakan, oleh karena itu d isetiap tempat ibadah harus ada penanggung jawab dan pengawasan, karena bagaimanapun segala aktivitas yang ada disaat seperti ini harus aman dari Covid-19,” tutur Muslim.

Petugas mesjid ataupun penyelenggara kegiatan keagamaan, lanjut Muslim, harus bisa menjadi pengawas dan mengatur para jemaah untuk menaati protokol kesehatan.

“Saya pikir tidak perlu ada polisi atau Satpol-PP. Tetapi peranan dari petugas mesjid atau panitia suatu kegiatan keagamaan bisa ditingkatkan untuk menjadi pengawas agar para jemaah menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” pungkas Muslim. MC Kalsel/Jml

Mungkin Anda Menyukai