Tekan Angka Kematian Covid-19, Plt Gubernur Kalsel Minta OTG Lakukan Perawatan di Karantina Khusus

Plt Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Resnawan (dua kanan), meninjau lokasi karantina khusus bagi Orang Tanpa Gejala (OTG) di Banjarmasin, Selasa (6/10/2020). MC Kalsel/Ar

Dalam rangka menekan angka kematian Covid-19, Plt Gubernur Kalimantan Selatan, Rudy Resnawan, bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kalsel meninjau sejumlah lokasi isolasi mandiri bagi Orang Tanpa Gejala (OTG) di Banjarmasin.

Usai melakukan peninjauan, Rudy berpesan kepada masyarakat untuk segera lapor ke pihak berwenang apabila terpapar Covid-19.

“Jangan takut untuk melaporkan diri agar upaya penyembuhan dapat segera dilakukan karena dari Pemprov Kalsel maupun Pemko Banjarmasin sudah menyediakan tempat karantina khusus,” ujar Rudy, Banjarmasin, Selasa (6/10/2020).

Rudy pun meminta OTG yang masih melakukan isolasi mandiri agar segera menjalani masa penyembuhan di gedung karantina khusus sehingga dapat ditangani dengan maksimal.

“Satgas Penanganan Covid-19 saling berkolaborasi bersama TNI/Polri dalam menekan angka kematian akibat Covid-19, salah satunya dengan melakukan penyembuhan terhadap para OTG yang masih berkeliaran,” ujar Rudy.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kalsel selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Muslim, mengatakan pihaknya akan segera menindaklanjuti hasil peninjauan dengan mengoptimalkan data di lapangan.

“Langkah ini merupakan upaya untuk menekan angka kematian dan meningkatkan angka kesembuhan dari Covid-19, agar yang memang benar terkonfimasi Covid-19 dapat ditempatkan di rumah sakit atau karantina khusus yang dinamakan karantina rumah sehat,” kata Muslim.

Muslim mengimbau kepada Tenaga Kesehatan di Puskesmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas untuk memantau dan mengidentifikasi masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19 agar segera mendapat perawatan di rumah sakit atuapun karantina khusus. MC Kalsel/Ar

Mungkin Anda Menyukai